Selasa, November 29, 2022
BerandaBale BandungMESSA Al Ma'soem Wadah Aktualisasi Diri Para Siswa di Sekolah

MESSA Al Ma’soem Wadah Aktualisasi Diri Para Siswa di Sekolah

JATINANGOR,balebandung.com – Multi Event in Science, Sport and Art (MESSA) ke-27 tahun 2022 merupakan ajang menggali potensi siswa berprestasi dalam bidang olahraga, seni, IPTEK dan IMTAQ. MESSA dengan mengusung tema “Rangkai Asa Setinggi Angkasa” merupakan kompetisi yang diselenggarakan Yayasan Al Ma’soem Bandung di Dome Al Ma’soem Jalan Raya Cipacing Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat. MESSA tersebut dengan para pesertanya para siswa-siswi SD dan SMP se-Jawa Barat.

Acara puncak MESSA itu pada Sabtu (12/11/2022), dengan pemberian penghargaan berupa piala bergilir, piala tetap, medali, piagam dan uang pembinaan pembinaan serta hadiah lainnya, sebagai bukti prestasi siswa.

Kompetisi ini hadir sebagai wadah aktualisasi diri para siswa atas hasil latihan minat dan bakat mereka selama di sekolah. Acara MESSA 2022 telah mencapai tahun ke-27 yang membuat acara ini konsisten melahirkan para jawara muda dengan berasaskan sportivitas.

Pihak penyelenggara MESSA menyebutkan, even tersebut dilaksnaakan sejak 22 Oktober sampai 12 November 2022. Tercatat sebanyak 904 peserta yang telah mendaftar diberbagai pilihan cabang kompetisi yang terdiri dari cabang IMTAQ, IPTEK, Seni dan Olahraga. Sebelum memulai kompetisi per cabang kompetisi, panitia mengadakan Technical Meeting secara offline di lingkungan Yayasan Al Ma’soem.

Adapun cabang kompetisi yang diperlombakan di MESSA 2022 pada bidang IMTAQ, yakni Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqoh Tilawati Quran (MTQ), Da’wah, dan Olimpiade PAI.

Bidang IPTEK, disebutkan story telling, english speech contest, olimpiade matematika, dan desain Grafis/poster.

Bidang Seni, yakni menyanyi lagu islami, fotografi, festival Seni Musik Islami, dan video pendek/tiktok. Bidang olahraga, yaitu bola voli dan bola basket.

Setelah melalui masa kompetisi, pada hari Sabtu, 12 November 2022, acara penutupan MESSA 2022 secara resmi dilakukan secara offline. Lokasi acara penutupan berada di Dome Al Ma’soem. Seluruh peserta dan civitas Al Ma’soem ikut hadir meramaikan acara penutupan, dimana jingle MESSA 2022 dinyanyikan sebagai pembukaan dari acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana MESAA 2022 Fachry Firdaus Saefulloh (12 MIPA 2) menyampaikan laporan hasil kegiatan yang berlangsung selama 3 pekan ini. Seluruh cabang lomba yang terdiri dari bidang olahraga, bidang IPTEK, IMTAQ dan Seni dapat terlaksana dengan lancar.

“Walaupun untuk beberapa pertandingan cabang bola basket sempat beberapa kali terhenti dan terpaksa ditunda karena faktor hujan. Acara ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari pihak PSSI, PERBASI, PBVSI, PBSI dan PERCASI Jawa Barat,” kata Fachry kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Ma’soem Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma’soem, MS., mengucapkan terima kasih sekaligus penghormatan kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan MESSA 2022.

“Hasil kejuaran MESSA Al Ma’soem 2022 ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan pembinaan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah,” ujar Ceppy.

Ceppy pun langsung melakukan penutupan secara resmi MESSA 2022. “Dengan mengucapkan alhamdulillahirobbil ‘aalamiin, kegiatan MESSA Al Ma’soem ke 27 tahun 2022 secara resmi ditutup,” katanya.

Pada kesempatan itu, pihak penyelenggara melaksanakan pengumuman pemenang dari kompetisi MESSA 2022. Sesi pertama dimulai pengumuman pemenang cabang IMTAQ dan IPTEK tingkat SD dan SMP. Masing-masing peserta yang juara mendapatkan uang pembinaan, piala, piagam dan hadiah sponsor khusus yang meraih Juara 1.

Sesi kedua diperuntukkan bagi pemenang cabang seni tingkat SD dan SMP. Setiap pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, piala, piagam dan hadiah sponsor khusus yang meraih juara 1.

Sesi ketiga diperuntukan bagi pemenang cabang olahraga catur SD-SMP, bulu tangkis SD-SMP dan tenis meja SD-SMP. Setiap pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, piala, medali, piagam dan hadiah sponsor khusus yang meraih juara 1.

Sesi keempat diperuntukan bagi pemenang cabang olahraga bidang bola volly (putra dan putri) tingkat SMP. Yang berhak mendapatkan piala bergilir MESSA 2022 pada sesi kelima diperuntukan bagi pemenang cabang olahraga bidang bola basket (putra dan putri) tingkat SMP.

Yang berhak mendapatkan piala bergilir MESSA 2022 cabang bola basket adalah juara 1 kategori SMP Putra sekaligus Juara 1 Kategori SMP Putri yaitu SMPN 1 Baleendah (A). Bagi para pemenang group akan mendapatkan voucher tab BRI, piala dan piagam. Sedangkan bagi pemenang kategori SMP Putra dan SMP Putri mendapatkan uang pembinaan, piala, piagam dan hadiah sponsor khusus juara 1.

Tahap keenam atau terakhir diperuntukan bagi pemenang cabang olahraga bidang mini soccer tingkat SD dan SMP. Yang berhak mendapatkan piala bergilir MESSA 2022 cabang mini soccer adalah Juara 1 kategori kelas campuran SMP yaitu SMPN 48 Bandung. Bagi seluruh pemenang kategori SD dan SMP akan mendapatkan uang pembinaan, piala, piagam dan hadiah sponsor khusus yang meraih Juara 1.

Selamat kepada para pemanang kompetisi MESSA 2022. Sampai bertemu kembali di perhelatan MESSA tahun depan!***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI