Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBPatahan Lembang Potensi Gempa Besar

Patahan Lembang Potensi Gempa Besar

Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

BANDUNG BARAT – Peneliti dari Pusat Penelitian Geoteknologi pada Lembaga Ilmu Pengetahuan  Indonesia  (LIPI) mengungkapkan, Patahan Lembang berpotensi mengalami gempa berkekuatan cukup besar. Patahan yang melintang dari mulai Lembang hingga Rajamandala ini diprediksi akan berkekuatan gempa sampai 6,8 skala richter (SR).

“Patahan Lembang memiliki potensi untuk terjadi gempa dengan kekuatan yang cukup besar, namun tidak bisa diprediksi kapan akan terjadinya,” ungkap peneliti LIPI Eko Yulianto, Rabu (9/3/16).

Eko menyebutkan patahan itu pernah mengalami gempa besar dengan kekuatan sekitar 6,8 SR pada sekitar 2.000 tahun lalu. Kemudian gempa dengan kekuatan 6,7 SR juga pernah terjadi sekitar 500 tahun lalu.

Menurutnya, peristiwa gempa itu pasti akan terulang di masa yang akan datang. Namun belum ada teknologi yang bisa memastikan kapan bencana gempa itu bakal terjadi lagi di masa depan, meski mungkin siklusnya bisa saja diprediksi.

Patahan Lembang hingga kini masih aktif. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitiaan yang dilakukannya beberapa tahun lalu. Termasuk tim dari mahasiwa ITB juga pernah melakukan penelitian Patahan Lembang  dalam kurun waktu 2010 sampai 2012. Hasil dari penelitian itu, dalam rentang waktu 2010-2012 terjadi 10 kali gempa, namun masih di bawah 2 SR. “Karena kekuatan gempanya kecil, maka dampaknya memang tidak terasa oleh warga di kawasan Lembang,” ujarnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI