Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale BandungPelaku UMKM Bakal Bersaing di Amrik & Karibia

Pelaku UMKM Bakal Bersaing di Amrik & Karibia

Deputi Director for Economic, Development and Finance Kementerian Luar Negeri Trisari Dyah Paramita di sela kunker produk UMKM PT PNM di Rumah Produksi Kerajinan Perak Kampung Giri Asih Kec Kutawaringin Kab Bandung, Rabu (10/2/16).

KUTAWARINGIN – Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia bakal dipersaingkan di pasar perdagangan Amerika Selatan dan Karibia. Dengan penekanan produk Kelas Bawah, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia bekerjasama dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero.

Menurut Tri, produk tekstil dari UMKM berpeluang besar untuk masuk pada persaingan pasar internasional di dua negara itu. “Pasar ini potensial, karena jumlah penduduknya aja 500 juta jiwa dengan perkapita 1.000 US Dolar dan pertumbuhan ekonomi sekitar tiga sampai lima persen,” sebutnya.

Rencana ikut bersaing di dua negara itu, merupakan pertama kalinya. Oleh karena itu, bidang tekstil yang dinilai lebih siap, bakal diberangkatkan Juni 2016.

“Pasar ini belum banyak digarap, kita belum melirik karena jarak juga yang jauh. Terbang ke sana aja bisa nyampe 40 jam. Karena ini pertama, kami masuk Perum Moda, itu pameran tekstil internasional terbesar di Amerika Latin,” terangnya.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI