Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale JabarPemprov Dorong TTG Hasil Karya Masyarakat Dikembangkan

Pemprov Dorong TTG Hasil Karya Masyarakat Dikembangkan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengunjungi booth alat pembangkit listrik tenaga surya dari Kota Bandung pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Jabar ke VI Tahun 2016 di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Bandung, Jumat (27/5). by Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengunjungi booth alat pembangkit listrik tenaga surya dari Kota Bandung pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Jabar ke VI Tahun 2016 di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Bandung, Jumat (27/5). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Jawa Barat ke VI Tahun 2016 di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Bandung, Jumat (27/5/16).

Dalam acara ini, Aher pun berkesempatan meninjau berbagai inovasi dan alat teknologi hasil karya masyarakat yang dipamerkan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Aher mengatakan, pemahaman masyarakat tentang teknologi pada saat ini harus lebih dikembangkan. Menurutnya, teknologi akan mempermudah kegiatan pembangunan dan perekonomian.

“Teknologi memiliki fungsi yang sangat kuat, yaitu untuk memperbanyak output dan mempercepat produktifitas, menghemat biaya produkai dan melipatgandakan produksi,” kata gubernur.

Aher pun meminta agar teknologi tepat guna yang sudah dihasilkan masyarakat agar bisa dibina dan lebih dikembangkan, sehingga akan memiliki manfaat yang lebih luas, baik untuk industri atau masyarakat wirausaha mandiri.

“Saya juga tadi meminta ke Pak Koesmayadi selaku Kepala BPMPD untuk melakukan pembinaan lebih lanjut. Jadi jangan sampai teknologi sederhana tepat guna yang dimiliki dan dirancang oleh masyarakat itu kemudian dibiarkan tidak ada pengembangan,” pinta Aher.

Pada acara ini digelar berbagai stand pameran dari BPMPD kabupaten/kota se-Jawa Barat yang menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi hasil karya masyarakat dari seluruh Jawa Barat, seperti alat pembangkit listrik tenaga surya dari Kota Bandung, alat pemanas air hemat energi tenaga surya, dan alat pembakaran telur asin batik dari Kabupaten Karawang.

Selain itu, ada juga mesin pembuat biji plastik dari Kabupaten Indramayu, serta peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan pertanian dan pangan seperti mesin penggiling padi dan alat pemotong singkong untuk membuat keripik dari Kabupaten Cianjur, serta berbagai peralatan lainnya dari kabupatan/kota se-Jabar.

Menurut Kepala BPMPD Jawa Barat Koesmayadi, TTG ini merupakan upaya strategis pihaknya dalam memberikan informasi teknologi yang bisa berguna untuk masyarakat.

“TTG ini sebagai salah satu upaya strategis dalam menyebarluaskan berbagai informasi teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Selain itu, ini juga merupakan forum untuk menggali pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna dalam upaya pemberdayaan masyarakat,” tutur Koesmayadi.

Gelar TTG tahun ini bertema “Melalui Inovasi Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” yang digelar tanggal 27 – 28 Mei 2016.

Pada gelaran TTG tingkat provinsi ini juga akan dicari hasil karya inovasi teknologi terbaik dan memenuhi kriteria TTG yang akan mewakili forum TTG tingkat Nasional pada November 2016 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI