Bale Kab BandungHankam

Polisi Awasi Kecepatan R4 di Tol Cileunyi Pakai Speed Gun

speed gun by ist
speed gun by ist

CILEUNYI – Satuan Lalu Lintas Polres Bandung bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar dan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR), melakukan inspeksi laju kendaraan (speed control) di Tol Cileunyi Km 147. Selama ini pelanggaran batas kecepatan ditengarai jadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di tol Cipularang

Kasat Lantas Polres Bandung AKP Dony Eka Wicaksono, S. IK melalui Kanit Turjawali Satlantas Polres Bandung Ipda Feabo, S.TK, menerangkan langkah ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan berkendara di jalan tol, bertepatan dengan digelarnya Operasi Zebra.

“Ada dua unit speed gun dari Ditlantas Polda Jabar yang akan kita pakai. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk secara konsisten melakukan kampanye keselamatan berkendara di jalan tol,” kata Ipda Feabo kepada Balebandung.com di Pos Lantas Cileunyi, Selasa (14/11/17).

Inspeksi laju kendaraan yang dilakukan di Tol Cileunyi Km 147 ini, bertujuan untuk mengecek tingkat kepatuhan pengguna tol terhadap aturan batas kecepatan.Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ditegaskan bahwa batas kecepatan di jalan tol adalah paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam.

Di Tol CIleunyi, kata Feabo, untuk kendaraan besar Golongan III hingga V seperti truk dan sejenisnya, cenderung melaju di bawah batas kecepatan minimum 60 km/jam, dengan rata-rata kecepatan sekitar 55 km/jam.

“Kalau dari evaluasi penggunaan speed gun tahun lalu, kebanyakan yang melanggar batas kecepatan itu kendaraan jenis dump truck yang menjalankan kendaraannya di bawah batas kecepatan minimal 60 km. Itu kan bisa menghambat kelancaran lalu lintas jalan tol,” ungkap Feabo.

Ada juga kecepatan kendaraan Golongan I yang cenderung melebihi batas kecepatan maksimal. Rata-rata kecepatannya sekitar 105 km/jam. “Berdasar evaluasi pengunaan speed gun tahun lalu, kendaraan pribadi masih di kisaran 80 km. Kalau ada ditemukan kendaraan melebihi kecepatan berdasarkan ukuran speed gun, akan langsung kita ambil tindakan,” tandasnya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close