Bale Kab Bandung

Polsek Cileunyi Sosialisasi Cegah Corona

Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk Aipda Heri Maryadi saat sosialisai Covid-19 ke warga Cileunyi, Selasa (24/3/20).

CILEUNYI, Balebandung.com – Guna mencegah dan mengatasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Bhabinkamtibmas Polsek Cileunyi Polresta Bandung secara rutin melakukan sosialisasi.

Kapolresta Bandung Hendra Kurniawan, S.I.K melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Sururi, SH mengatakan Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan kepolisian, harus selalu melekat dan berada di tengah-tengah masyarakat yang dalam hal ini sangat diperbantukan untuk menyampaikan sosialisasi dan binluh kepada masyarakat dalam pencegahan pandemi Virus Corona.

“Sosialisasi ini penting agar warga paham dan mengerti dengan anjuran serta perintah yang telah ditekankan oleh pemerintah, demi terhindar dari bahaya penularan wabah Virus Corona tersebut,” kata Kapolsek Cileunyi Kompol Sururi, Selasa (24/3/20).

Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk Aipda Heri Maryadi menambahkan wabah Covid-19 memerlukan penanganan yang serius dan tidak boleh dianggap main-main.

“Kami cepat mengambil sikap untuk lebih ekstra melakukan sambang kepada warga binaan dalam mencegah percepatan penyebaran wabah corona,” kata Aipda Heri Maryadi.

Menurutnya kasus yang terjadi saat ini memang memerlukan penanganan yang lebih intensif, baik dari pihak Dinas Kesehatan dan pihak kepolisian dalam memberikan sosialisasi dan himbauan sejak dini guna mencegah kontaminasi dan infeksi virus kepada warga masyarakat.

“Warga pun harus mengerti dan tahu apa saja yang harus diperhatikan dan menjadi kepatuhan agar terhindar dari bahaya Virus Covid-19,” tandas Aipda Heri.

Nih, himbauan tersebut;
– Hindari bepergian ke luar negeri di mana ditemukan kasus Corona.
– Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di tempat umum atau keramaian.
– Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan.
– Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
– Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
– Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
– Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
– Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit.
– Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Sedangkan untuk seseorang yang diduga terkena COVID-19, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:
– Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
– Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
– Terapkan etika batuk dan gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close