Bale Kab BandungPamong

RSUD Majalaya Bangun Gedung Baru 4 Lantai

Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip, M.Ip saat meninjau lokasi pembangunan gedung baru berlantai 4 di RSUD Majalaya, Rabu (15/6/16). by Humas Pemkab Bandung.
Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip, M.Ip saat meninjau lokasi pembangunan gedung baru berlantai 4 di RSUD Majalaya, Rabu (15/6/16). by Wargo Humas Pemkab Bandung.

PASEH – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B Majalaya sedang membangun gedung baru berlantai empat untuk penambahan ruang rawat inap kelas 3. Lokasi gedung dibangun di belakang gedung eksisting saat ini di Jalan Raya Cipaku, Desa Cipaku, Kec Paseh, Kab Bandung.

Direktur RSUD Majalaya drg.Grace Mediana Purnami,M .Kes mengatakan pembangunan gedung baru yang membutuhkan total anggaran Rp57 miliar itu direncanakan untuk menambah 200 tempat tidur pasien. Sementara saat ini RSUD Majalaya baru ada 167 tempat tidur terdiri dari VVIP (8); Kelas 1 (9); Kelas 2 (19) dan Kelas 3 (131) tempat tidur.

“Anggarannya role sharing dari Pemda Kabupaten Bandung, Pemprov Jabar dan pemerintah pusat. Pada tahap awal pembangunan gedung baru empat lantai untuk ruang inap kelas 3 itu biayanya Rp8 miliar dari APBD Kabupaten Bandung 2015. Kemudian tahap kedua menyusul sebesar Rp10 miliar dari Bantuan Gubernur Jabar untuk pembangunan kontruksinya. Sisanya itu sekitar Rp39 miliar lagi kami sedang menunggu dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) yang diharapkan bisa cair tahun 2017,” ungkap Grace kepada Balebandung.com, Senin (19/9/16).

Menurutnya penambahan gedung baru rumah sakit tersebut sebagai upaya pemerintah dalam peningkatan pembangunan khususnya di bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Terlebih lagi mengingat tingginya animo masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, menyusul adanya Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Keberadaan RSUD Majalaya ini khususnya untuk memfasilitasi masyarakat yang ada di wilayah timur Kabupaten Bandung. Tapi tak jarang pula ada warga dari Kab Garut dan Sumedang yang mendapatkan pelayanan kesehatan ke rumah sakit tersebut.

“Perluasan dan penambahan pembangunan rumah sakit ini, karena semakin hari semakin banyak masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada pihak rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Jadi, kami pun ingin pengembangan pembangunan di rumah sakit ini untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata Grace.

Demi memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat pula, RSUD Majalaya pun perlu perluasan lahan parkir. Seiring makin meningkatnya kunjungan, lahan parkir yang ada saat ini pun sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan pengunjung baik motor maupun mobil. “Cuma untuk perluasan lahan parkir ini kami masih terkendala dengan pembebasan lahan,” ujarnya.

Lebih dari itu juga RSUD Majalaya membangun klinik yang berkaitan dengan perawatan saluran pernapasan sebesar Rp 4,5 miliar bersumber dari dana CSR cukai tembakau. Kemudian, pihak rumah sakit juga sedang melaksanakan pembangunan gudang logistik, penambahan gedung hemodialisa dari 15 tempat tidur ditambah menjadi 27 tempat tidur, dan perluasan Instalasi Gawat Darurat.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close