Bale Kab Bandung

Satgas 1 Sosialisasi Citarum Harum ke Komunitas Anak Kampung Madur

KERTASARI, Balebandung.com – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 1 menerima kunjungan dari Komunitas Anak Kampung Madur di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (21/2/21). Selain untuk berekreasi, puluhan anak juga diberikan sosialisasi mengenai kecintaan terhadap lingkungan.

“Hari ini kami kedatangan Komunitas Anak Kampung Mandur untuk kegiatan sosialisasi pengenalan lingkungan kepada anak-anak agar mencintai lingkungan sejak usia dini, sekaligus pengenalan untuk menanam pohon,” kata Komandan Sektor 1 Satgas Citarum Harum, Kol Kav Purwadi.

Menurut Dansektor, anak-anak sebagai generasi penerus di masa yang akan datang harus dikenalkan untuk mencintai lingkungan sejak dini, karena di masa depan mereka lah yang akan mewarisi lingkungan ini.

“Kami juga kenalkan bagaimana sejarah Situ Cisanti di mana tedapat tujuh mata air, dan manfaat Sungai Citarum bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat dan Jakarta, serta mengenalkan mengenai Program Citarum Harum dan Satgas Citarum Harum dari Kodam III/Siliwangi,” imbuh Kol Purwadi.

Sambil berekreasi anak-anak juga diajak berkeliling di Situ Cisanti sambil berpesan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai agar airnya tidak sampah tercemar sampah.

“Kegiatan sosialisasi lingkungan kepada anak-anak ini sangat relevan dengan Program Citarum Harum untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap lingkungan sejak dini. Terima kasih kepada Komunitas Kampung Mandur, kita jaga alam, alam jaga kita,” kata Dansektor 1.

Founder Komunitas Anak Kampung Madur, Erna Setianti mengucapkan terima kasih kepada Dansektor 1 Citarum Harum yang bisa menerima kunjungan anak-anak yang berasal dari Kampung Madur, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kolonel Purwadi selaku Komandan Sektor 1 Citarum Harum yang telah menerima kedatangan kami dengan sangat baik dan menyenangkan,” ucap Kak Bree, sapaan Erna.

Menurutnya anak-anak diberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Situ Cisanti dan Sungai Citarum, juga dikenalkan untuk menanam pohon yang tentunya akan bermanfaat bagi mereka kelak di masa yang akan datang.

“Anak-anak juga diajari cara menanam pohon yang mudah-mudahan tanamannya bisa terawan dengan baik,” ucap Kak Bree.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close