Bale JabarHumanioraLingkungan

Satgas Citarum Harum Sidak ke Pabrik Nabati

Satgas Citarum Harum sidak ke pabrik PT Kaldu Sari Nabati di Jalan Raya Bandung Garut, Kec Cimanggung, Kab Sumedang, Jumat (18/1/19). by

CIMANGGUNG – Satgas Citarum Harum Subsektor 15 Sektor 21 kembali menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik PT Kaldu Sari Nabati yang berada di Jalan Raya Bandung Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jumat (18/1/19).

Sidak kali ini memantau pabrik Nabati dalam perbaikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), guna memastikan hasil yang lebih maksimal dalam menjalankan tugas. “Ya, hari ini kita pantau dalam seminggu dua sampai tiga kali untuk mengecek hasil sampai saat ini,” ungkap Dansubsektor 15 Sertu Eri Krisyana di Pabrik Nabati.

Selian itu, sambung Eri, pabrik Nabati ini dalam pengawasan satgas sebagaimana komitmen merubah IPAL-nya lebih maksimal lagi, agar sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah.

“Dari Nabati sendiri kan dalam pengawasan Satgas. Jadi segala sesuatu ada apa-apa kita yang bertindak. Karena ada komitmen dari Nabati untuk perubahan pengolahan IPAL-nya agar sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan pemerintah, sekarang ada penambahan di bidang IPAL” jelas Eri.

Sementara itu di tempat yang sama pengelola plant IPAL Nabati Ronadi mengatakan untuk memaksimalkan IPAL proses biologi menjadi kimia fisika butuh waktu yang panjang dan perlu treatmen khusus dalam mengolahnya.

“Sekarang kita treatmen menggunakan proses kimia fisika di mana proses tersebut menangkap polutan yang kasar, sehingga air yang diproses biologi bebannya berkurang” jelasnya.

Ronadi menambahkan untuk proses aerasi sampai ke unaerob limbah yang tadinya berbahaya menjadi tidak berbahaya. “Kemarin perbandingannya proses kimia fisika dan sekarang proses biologi sudah berjalan. Sementara parameter yang sudah ditentukan Satgas seperti ikan di outlet pembuangan kami kedepannya akan menyiapkan karena titik fokusnya di situ,” pungkasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close