Bale Kab Bandung

Satgas Citarum Harum Tutup 7 Saluran Limbah Siluman di Dayeuhkolot

DAYEUHKOLOT, Balebandung.com – Satgas Citarum Harum Sektor 7 menutup 8 saluran limbah siluman di aliran Sungai Cisuminta, Jalan Cisirung, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (5/9/19).

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Kav Purwadi mengatakan tindakan penutupan ini dilakukan mengingat saluran limbah siluman tersebut telah mencemari Sungai Cisuminta yang merupakan anak Sungai Citarum.

“Sebetulnya di sini kami temukan 11 saluran. Kemarin kami telah menutup 3 dan hari ini 8 saluran. Berdasarkan hasil pengecekan tim, PH (kandungan limbah)-nya di atas 10,” jelas Purwadi kepada wartawan.

Purwadi menambahkan, temuan saluran siluman ini berawal saat tim Satgas Citarum tengah melakukan pengawasan selama kurun waktu sepekan terakhir ini. Saat itu jajarannya curiga dengan kondisi air.

“Mereka (buang limbah cair) memanfaatkan kondisi malam hari. Saya sudah imbau perusahaan tidak membuang limbah. Tetapi kemarin setelah hujan jam empat sore ternyata (kondisinya) lebih parah,” ungkap Purwadi.

Hingga langkah penutupan saluran dengan cara pengecoran, Purwadi pun tak tahu persis soal berapa perusahaan yang nekad membuang limbahnya melalui saluran itu. Pasalnya tidak ada satupun yang mengakui.

“Kemungkinan ini yang membuang limbah perusahaan di area Dayeuhkolot. Makanya kami akan berkoordinasi karena ada bagian yang melakukan penegakan hukum yaitu kepolisian dengan Dinas LH,” tandasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close