Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBSejak 2013 Kuota Haji KBB 846 Orang

Sejak 2013 Kuota Haji KBB 846 Orang

Para calon haji kloter pertama antri naik ke atas pesawat yang akan membawanya ke Tanah Suci di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (23/10). Kelompok terbang pertama asal Kota Makassar sebanyak 335 CJH memulai pemberangkatan haji embarkasi Hasanuddin yang tahun ini sebanyak13.792 CJH dari delapan provinsi dengan 39 kelompok terbang. FOTO ANTARA/Adnan
by ANT

PADALARANG – Calon jemaah haji yang akan berangkat dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2016 ini mencapai sebanyak 846 orang. Hal tersebut sesuai dengan kuota yang diberikan ke Kantor Wilayah Kementrian Agama KBB.
Kuota itu tidak berubah dan sama dengan kuota yang diberikan ke KBB tahun lalu. Hingga kini dari jumlah itu ada yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebanyak 857 orang, termasuk calon jemaah haji cadangan yang berjumlah 11 orang.

“Kuota yang diberikan ke KBB ini tidak berubah sejak 2013 sampai 2016 ini yakni sebanyak 846 orang,” sebut Fikri, staff Penyusunan Bahan Pendaftaran dan Pembantalan Kantor Wilayah Kementrian Agama KBB.

Dia menyebutkan di tahap satu yang sudah melunasi ada 790 orang sedangkan tahap dua 67 orang. Untuk KBB, data kuota haji sejak 2011 pernah mencapai angka 1.102 lebih. Namun terkait peraturan gubernur dan adanya pemotongan kuota terkait pembangunan area tawaf di Masjidil Haram Mekkah sehingga ada pengurangan jatah 20% dan sampai sekarang kuotanya tetap sama.

Menurutnya dari seluruh kuota calon jemaah haji di KBB, Kecamatan Lembang mendapatkan kuota paling banyak mencapai 100 orang. Sedangkan kuota paling sedikit, ada di Kecamatan Rongga dengan kuota sembilan orang. Kendati demikian, Kantor Kementrian Agama dan Penyelenggara Umroh Kabupaten Bandung Barat sengaja memberi kesempatan kepada calon jemaah haji yang akan berangkat di 2017 untuk bisa melunasi biaya pendaftaran haji di tahun ini.

“Biasanya selalu ada saja calon jamaah yang batal berangkat, dengan berbagai alasan dan permasalahannya. Oleh karena itu kuota yang kosong itu diganti oleh jemaah haji cadangan,” pungkasnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI