Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale BandungTerminal Soreang Perlu Terobosan

Terminal Soreang Perlu Terobosan

Terminal dan Pasar Soreang yang tampak kumuh. by ist
Terminal dan Pasar Soreang yang tampak kumuh. by ist

SOREANG – Direktorat Jendral (Ditjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau Pemkab Bandung melakukan terobosan untuk pengelolaan terminal.

Dalam penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2016, Tim Penilai dari Kemenhub, Jabonor, AMTRD, M.M.TR.mengatakan pihaknya telah melakukan penilaian terhadap empat aspek yakni sarana angkutan umum, prasarana, lalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat.

“Namun untuk Kabupaten Bandung, perhatian kami saat ini tertuju pada aspek sarana prasarana di Terminal Soreang yang belum maksimal. Apalagi Kota Soreang ini merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Bandung yang harus tertata baik dan rapih. Dalam pengelolaanya bisa saja bekerja sama dengan pihak swasta atau dikelola sendiri khususnya untuk pelayanan kepada masyarakat,” kata Jabonor di Bale Winaya Soreang, Rabu (20/7/16)
.
Dia juga menyampaikan untuk memupuk kemampuan daerah dan peran serta masyarakat, dalam mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan berkendara. Makanya itu perlu adanya peningkatan kinerja penyelenggaraan operasional sistem transportasi perkotaan, salah satunya tersedianya prasarana terminal yang memadai.

“Dalam meningkatkan penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan dibutuhkan prasarana terminal yang memadai agar tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna,“ sarannya.

Dalam penilaian tersebut, terungkap program unggulan yang mendapat nilai baik diantaranya adalah program pada aspek lalu lintas (Kawasan Tertib Lalu Lintas), lingkungan (Car free day), sumber daya manusia (Pelajar Pelopor), pelayanan masyarakat (Pelayanan uji kendaraan bermotor keliling), “Serta aspek angkutan (pembinaan kawasan angkutan tertentu), dan program unggulan pada aspek prasarana (CCTV room),” imbuh Jabonor.

Asisten Pemerintah Kabupaten Bandung Yudhi Haryanto, SH.,S.P1 mengungkapkan saat ini sektor perhubungan sudah berjalan baik. Hal ini bisa terlihat dari terbangunnya sinergitas beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pengelola sektor tersebut, seperti Polres Bandung, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Binamarga.

”Selain kondisi infrastruktur jalan sudah hampir 80% dibangun Dinas Binamarga, peningkatan sarana penunjang CCTV pun, sudah ada untuk memonitor kondisi lalu lintas pengguna jalan yang dikelola Dishub,”ungkap Yudhi.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI