Sabtu, April 13, 2024
BerandaBale KBBSemarak Ramadan dan Peringati HUT ke-63, Perum Perhutani Sebar Ribuan Paket Sembako...

Semarak Ramadan dan Peringati HUT ke-63, Perum Perhutani Sebar Ribuan Paket Sembako Murah 

KBB, Balebandung.com – Perum Perhutani melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan menggelar Semarak Ramadan Berkah 2024 di 5 lokasi berbeda, sejak Kamis (28/3/2024) lalu hingga Jumat (29/3/24).

Kelima titik itu antara lain di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Blora, Kabupaten Trenggalek dan Kota Madiun. Acara ini juga merupakan wujud sinergi antar BUMN dan pemerintah daerah setempat.

Adapun paket sembako murah yang dijual dalam Safari Ramadhan 2024 tersebut berisikan 5 kg beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula yang dijual dengan harga Rp 70.000 per paket. Dalam acara ini Perhutani juga berkolaborasi dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dalam penyediaan sembako.

Program itu menyajikan pasar sembako murah dan bazar UMKM bagi masyarakat umum dan masyarakat sekitar hutan di berbagai daerah, sekaligus melakukan penyerahan Alquran ke pesantren di wilayah kerja Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten.

Di Divre Jabar dan Banten, Semarak Ramadan Berkah perdana digelar dua hari, yakni 27-28 Maret 2024 di dua lokasi, yakni di KPH Bandung Selatan masuk wilayah Kecamatan Gunung Halu, Bandung Barat, dan KPH Sukabumi.

Kepala Perhutani Divre Jabar-Banten, Tedy Sumarto mengatakan kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang digelar secara serentak di dua lokasi wilayah kerja Perhutani Jabar dan Banten, dengan total 2.000 paket sembako murah, dengan 1000 paket sembako di KPH Sukabumi dan 1000 paket lainnya di Bandung Selatan.

“Kami adakan kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya di tengah melonjaknya harga sembako di Ramadan 2024. Kami pun setiap 29 Maret selalu memperingati hari ulang tahun dan tahun ini memasuki usia 63 tahun. Kami pahami bahwa melestarikan hutan itu upaya sangat penting memastikan masa depan berkelanjutan,” kata Tedy Sumarto, Jumat (29/3/2024).

Menurutnya, hutan menyediakan banyak manfaat untuk kehidupan, seperti menjaga keanekaragaman hayati, melindungi tata air, mengatur iklim, dan menyediakan sumber daya alam bagi kehidupan manusia.

Di samping itu, lanjutnya, menjaga hutan dapat memperkuat ketahanan lingkungan, mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga ekosistem yang sehat, dan memberikan dukungan bagi kehidupan manusia, serta makhluk hidup lainnya.

Sementara dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Purabaya, Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, masyarakat dapat membeli 1.000 paket sembako dengan harga yang terjangkau.

Semarak Ramadan Berkah 2024 ini dibuka oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum, Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Tedy Sumarto dan perwakilan dari Forkopimda setempat.

Dalam sambutannya, Dewi mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bentuk kepedulian Perhutani dalam rangka pengentasan kemiskinan pada masyarakat ekonomi rentan.

“Selain program pasar murah dan bazar UMKM ini, Perhutani juga memberikan bantuan sembako kepada pondok pesantren dan para penyadap getah pinus dengan jumlah 84.758 paket yang tersebar di wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkap Dewi.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI