Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaHumanioraBale BudayaTugu Makuta Binokasih Terbuat dari Tembaga

Tugu Makuta Binokasih Terbuat dari Tembaga

Garlika Martanegara (tengah) Project Manager Tugu Makuta Binokasih
Garlika Martanegara (tengah) Project Manager Tugu Makuta Binokasih

BANDUNG – Pemkab Sumedang sedang membangun Tugu Makuta Binokasih yang ditempatkan di Bunderan Mapolres Sumedang lama. Project Manager Tugu Binokasih, Garlika Martanegara mengatakan proses pembuatan tugu hingga kini masih berjalan yang diharuskan rampung sebelum Hari Jadi Kabupaten Sumedang ke-43 yang jatuh pada 22 April 2016 nanti.

“Sekarang sedang berjalan pembangunannya dan harus sudah rampung April nanti. Sebab rencananya tugu Makuta Binokasih ini akan diresmikan bertepatan denga Hari Jadi Kabupaten Sumedang tangal 22 April 2016,” ungkap Garlika kepada Balebandung.com di Bandung, Minggu (21/2/16).

Garlika mengaku pihaknya mendatangkan seniman dari Jawa Tengah untuk pembuatan Makuta Binokasih tersebut sebab harus terbuat dari bahan tembaga. “Sebelum pembuatannya juga ada prosesi ritual oleh senimannya dengan memohon izin ke leluhur Sumedang,” ujar Lieke, sapaan Garlika.

Pembuatan tugu tersebut sebagai simbol atau ungkapan kebanggaan masyarakat Sumedang. Salahsatunya sebagai sosialisasi serta promosi kepada masyarakat bahwa Sumedang memiliki benda bersejarah bernilai tinggi yang merupakan kejayaan Kerajaan Sumedang Larang di masa silam.

“Pada puncak tugu itu ada Makuta Binokasih dengan dikelilingi air mancur,” kata Wakil Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan kepada wartawan di Kantor Kecamatan Jatinangor, Senin (1/2/16) lalu. Pembangunan tugu diperkirakan menelan dana Rp1,9 miliar yang bersumber dari corprate social responsibility (CSR).

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI