Bale Kota BandungPendidikan

UIN SGD-Kemenristekdikti Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi SINTA Jurnal Psikologi se-Jabar

CIBIRU, Balebandung.com – Fakultas Psikologi (FPsi) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti) menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi SINTA Jurnal Psikologi se-Jawa Barat.

Workshop diikuti 49 peserta di Auditorium Psikologi UIN SGD Bandung, Kampus I, Jl. A.H Nasution No 105 Cibiru Kota Bandung dari tanggal 23-24 Juli 2019.

Dekan Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi menjelaskan, tujuan diadakannya workshop ini untuk meningkatkan tata kelola manajemen Open Journal System (OJS). Kedua, untuk meningkatkan kualitas substansi artikel yang diterbitkan.

“Workshop ini menjadi sangat penting untuk mendorong peningkatan jumlah jurnal terakreditasi di Sinta. “Mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi,” papar Dekan, Rabu (24/7/19).

Agus berharap hasil dari workshop ini dapat mengikuti kegiatan program pendampingan percepatan akreditasi jurnal ilmiah yang akan diadakan pada Kamis-Sabtu, 8-10 Agustus 2019 di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

“Melalui workshop ini kita berusaha untuk mempelajari tata kelola pengelolaan jurnal, pengajuan jurnal terakreditasi. Mudah-mudahan kita semua termasuk dalam urutan 40 jurnal bidang psikologi terakreditasi yang dinyatakan lolos untuk mengikuti kegaitan pendampingan percepatan akreditasi,” kata Agus.

SINTA adalah aplikasi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti yang dimaksudkan untuk memudahkan pendataan dan pemetaan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia. Hingga kini baru ada sekitar 2.400 jurnal sudah terakreditasi SINTA dari yang ditargetkan 7.000 jurnal.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close