Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale CimahiUmat Hindu Cimahi Rayakan Nyepi

Umat Hindu Cimahi Rayakan Nyepi

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Umat Hindu di wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya melakukan persiapan terakhir di Pura Agung Wira Loka Natha di Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi, menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1938. Mereka menghias beberapa sudut pura untuk pelaksanaan prosesi Caru Tawur Kesanga sebagai upacara jelang Nyepi.

Beberapa orang tampak menyiapkan sesaji, membuat caru untuk persembahan maupun segala keperluan untuk puncak upacara perayaan Nyepi berupa Tawur Kesanga. Begitupun penjor atau umbul-umbul yang terbuat dari daun janur kuning pun sudah terpasang.

Ketua Dewan Pengurus Pura Agung Wira Loka Natha, I Ketut Nunas Harjana menyebutkan sekitar 700-800 umat Hindu dari wilayah Cimahi dan sekitarnya akan bersembahyang sebelum melaksanakan Nyepi tanpa melakukan aktivitas apapun pada Rabu (9/3/16). Berbagai persiapan untuk itu pun sudah dilakukan sejak pekan lalu dengan melakukan upacara Melasti di daerah sumber mata air.

“Di tempat itulah kami melakukan penyucian diri sekaligus sembahyang. Dilanjutkan mempersiapkan tawu pesangu untuk ritual mecaru,” terang Nunas, Selasa (8/3/16).

Dia menjelaskan untuk melangsungkan upacara suci itu diperlukan lima unsur pelengkap yaitu daun, bunga, air, api dan buah. Sedangkan hiasan ornamen di pura merupakan suatu penghormatan umat agar lebih meriah.

Menurutnya tidak ada perbedaan antara perayaan Nyepi tahun ini dengan tahun lalu. Sama seperti sebelumnya yakni diawali dengan puasa mulai pukul 24.00 WIB malam dan berpuasa selama 24 jam penuh.

“Selama melaksanakan Nyepi umat Hindu berpuasa dan tidak boleh melakukan aktivitas apapun. Jadi benar-benar berdiam diri untuk merenung. Kami berharap itu tidak hanya seremonial, tapi sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Pencipta,” ungkapnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI