Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiAtty Minta Pemprov Bantu Atasi Banjir Melong

Atty Minta Pemprov Bantu Atasi Banjir Melong

walkot-atty2CIMAHI – Wali Kota Cimahi Atty Suharti Tochija meminta dukungan dari Pemprov Jabar terkait berbagai persoalan yang melanda Kota Cimahi. Persoalan itu khususnya yang menyangkut dengan wilayah perbatasan dan anggaran seperti penyelesian banjir di Kelurahan Melong dan pembangunan double track jembatan Leuwigajah dan under pass Gatotsubroto.

“Ada persoalan-persoalan yang tidak bisa hanya diselesaikan oleh Pemkot Cimahi sendiri. Seperti banjir di Kelurahan Melong, itu bersinggungan dengan wilayah Kabupaten Bandung sehingga kami meminta bantuan Pemprov Jabar untuk mengatasi hal ini karena terkait dengan kewenangan dua daerah,” kata Atty.

Menurutnya banjir yang selalu terjadi setiap tahunnya di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan itu selama ini selalu dicarikan jalan keluar penyelesaiannya. Akan tetapi tetap saja banjir selalu terjadi. Ini dikarenakan terjadinya penyempitan sungai, namun jika sungai tersebut dinormalisasi atau diperlebar dikhawatirkan banjir besar justru akan melanda wilayah Kabupaten Bandung.

“Karena itu perlu ada upaya dari Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung yang diinisiasi oleh Pemprov Jabar,” ucapnya.

Begitupun dengan rencana pembangunan double track jembatan Leuwigajah dan under pass Gatotsubroto yang diusulkan untuk mengatasi kemacetan yang setiap hari melanda dua kawasan tersebut akibat kondisi jalan yang sudah tidak memadai. “Cimahi ini adalah daerah perlintasan sehingga infrastruktur jalannya harus dibenahi dan itu memerlukan anggaran yang tidak sedikit,” kata Atty.

Terkait hal ini Pemprov Jabar berencana menangani banjir di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan. Termasuk juga melakukan pembangunan double track jembatan Leuwigajah, dan under pass di Jalan Gatotsubroto.

Sekertaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pembangunan beberapa proyek itu dilakukan untuk membantu penyelesaian sejumlah masalah di Kota Cimahi yang sampai sekarang tak kunjung selesai. “Rencananya seluruh pembangunan tersebut akan dibiayai oleh Pemprov Jawa Barat sementara Kota Cimahi membantu dalam pengawasannya,” kata Iwa. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI