Jumat, Oktober 29, 2021
BerandaBale BandungBanjir Mulai Surut Para Pengungsi Masih Mencapai 10.000 Orang

Banjir Mulai Surut Para Pengungsi Masih Mencapai 10.000 Orang

ilustrasi/net
ilustrasi/net

SOREANG – Banjir di Kabupaten Bandung kini berangsur mulai surut seiring dengan berkurangnya intensitas hujan yang turun. Kendati sempat terjadi hujan pada Senin (14/3/2016) petang namun karena kecil sehingga tidak berdampak kepada debit air.

Walaupun begitu tercatat 10.000 pengungsi masih bertahan di tempat-tempat pengungsian karena masih khawatir banjir kembali naik dan juga karena ada rumah-rumah mereka yang masih tergenang.

“Hingga Selasa (15/3/2016), jumlah pengungsi di Kabupaten Bandung sebanyak 2.840 kepala keluarga atau sekitar 10.344 jiwa,” sebut Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/3/2016).

Sutopo menyebutkan ada 28 tempat pengungsian yang disediakan Pemkab Bandung dan tersebar di berbagai tempat seperti di GOR, masjid, gedung serbaguna dan sekolah. Catatan BNPB para pengungsi paling banyak berasal dari Kecamatan Baleendah dimana terdapat 701 balita, 489 lansia, 38 ibu hamil, dan 290 ibu menyusui.

Menurutnya air yang berangsur surut juga membuat akses jalan menuju Kota Bandung lancar. Hal itu terlihat telah lancarnya akses jalan utama Buahbatu-Bojongsoang oleh kendaraan besar maupun kecil. “Beberapa ruas jalan yang awalnya terendam pun kini sudah mulai bisa diakses kendaraan bermotor,” tuturnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI