Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBBanyak Jabatan Tak Bertuan di Pemkab Bandung Barat

Banyak Jabatan Tak Bertuan di Pemkab Bandung Barat

lelang jabatanNGAMPRAH – Sejumlah posisi jabatan penting dan strategis di lingkungan Pemkab Bandung Barat saat ini kondisinya kosong atau tidak ada yang mengisi. Hal itu dikarenakan banyaknya pejabat yang memasuki masa pensiun secara berbarengan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Maman S Sunjaya menyebutkan beberapa posisi jabatan yang kosong di antaranya untuk posisi Kepala Bidang, Camat, hingga Staf Ahli. Jabatan staf ahli sekarang diisi pejabat eselon II dan jabatan Camat Cikalongwetan sudah kosong sejak 1 Juni 2016.

“Kekosongan jabatan itu tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena nantinya akan mengganggu roda pemerintahan untuk itu harus segera dilakukan pengisian,” kata Maman yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan KBB ini.

Disebutkannya tahun ini ada dua pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun, sementara tahun depan ada tiga orang akan pensiun. Nantinya untuk mengisi kekosongan jabatan itu bisa dilakukan dengan proses mutasi ataupun melakukan lelang jabatan secara terbuka.

“Kalau lelang jabatan dilakukan maka tidak hanya akan diikuti oleh pejabat Pemkab Bandung Barat tetapi juga bisa dari luar Bandung Barat,” ucapnya.

Maman menambahkan, setiap tahunnya PNS yang pensiun rata-rata mencapai 200 orang. Berdasarkan hitungan Badan kepegawaian Daerah Kabupaten Bandung Barat, banyaknya PNS yang pensiun menyebabkan KBB kekurangan sekitar 3.300 pegawai. Hal ini dikarenakan kebijakan moratorium terbatas sejak beberapa tahun lalu membuat jumlah PNS yang dimiliki Pemkab Bandung Barat terus berkurang diaman saat ini yang tecatat aktif hanya ada 9.862 PNS. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI