Bale Kota BandungEkonomi

BI Jabar Salurkan Beasiswa Rp1 Miliar untuk 100 Mahasiswa Bandung

Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat menyerahkan beasiswa kepada empat perwakilan dari 4 PTN di Bandung, Kamis (31/8/2017). by Humas BI Jabar
Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat menyerahkan beasiswa kepada empat perwakilan dari 4 PTN di Bandung, Kamis (31/8/2017). by Humas BI Jabar

BANDUNG – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat menyalurkan beasiswa lebih dari Rp1 miliar kepada mahasiswa dari empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung.

Program beasiswa BI tahun 2017 ini diberikan kepada 40 orang mahasiswa UPI berupa beasiswa reguler, 40 orang mahasiswa UIN berupa beasiswa reguler. Sedangkan beasiswa unggulan diberikan kepada 10 mahasiswa ITB dan 10 mahasiswa Unpad.

Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, besaran beasiswa reguler sebesar Rp750.000/bulan/mahasiswa. Dan Rp1.5 juta/bulan untuk beasiswa unggulan.

“Program Beasiswa BI 2017 bukan sekadar mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup. Tapi penerima beasiswa BI juga akan diwadahi sebuah komunitas yang di sebut dengan Generasi Baru Indonesia (Genbi),” ungkap Wiwiek saat melantik 100 mahasiswa penerima beasiswa dari 4 PTN di Bandung, di Bale Pasundan, KPwBI Jabar, Kamis (31/8/17).

Selain beasiswa, imbuh Wiwiek, Genbi akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan teratah. Mulai dari pembekalan terkait kebanksentralan, fintech dan CIKUR.

“Selain itu, Bank Indonesia juga memfasilitasi pembekalan Leadirship bagi Genbi. Diharapkan dengan kegiatan edukasi ini mahasiswa menjadi lebih mengenal tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian bangsa. Pemberian materi leadeship dapat menjadi bekal awal bagi Genbi untuk beroganisasi yang tidak hanya bermanfaat dalam menggerakkan komunitas Genbi tetapi juga saat mereka berinteraksi dengan masyarakat,” tuturnya.

Program ini digulirkan, sebab Bank Indonesia Jabar memandang perguruan tinggi sebagai satuan pendidik merupakan komponen strategis dalam sistem pendidikan nasional guna mempersiapkan dan mencetak SDM yang tangguh, terampil, kompeten, kreatif, dan inovatif.

“Generasi Baru Bank Indonesia (Genbi) merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Ini sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia pada segala bentuk kegiatan yang dapat meningktkan kapasitas dari Genbi baik dalam bidang pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan yang didalami, minat dan bakat, sosial dan kemasyarakatan,” sebutnya.

Tujuan program beasiswa BI ini, terang Wiwiek, dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, Indeks Pembangunan Manusia (humas develoment index). Meningkatkan motivasi belajar dan menjamin keberlangsunan studi mahasiswa khususnya bagi yang mempunyai potensi akademik serta meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik atau nonakademik.

Pelantikan dan Edukasi kepada Genbi Bandung 2017 bertema ‘Karya Nyata Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia melalui Sinergitas Kepemimpinan Genbi’. “Diharapkan pogram kerja yang baru dapat memberikan manfaat, kontribusi positif dan perubahan ke arah yang lebih baik, tidak hanya bagi komunitas Genbi tetapi juga bagi komunitas yang lebih besar cakupannya,” ucap Wiwiek.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close