Bale Kab Bandung

Bisa Tekan Banjir Hingga 20%, Terowongan Nanjung Beroperasi November

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau Terowongan Nanjung di Kec Margaasih, Rabu (28/8/19). by Humas Pemkab

MARGAASIH, Balebandung.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pembangunan Terowongan Nanjung atau Curug Jompong di wilayah Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung sudah berjalan 53%. Terowongan yang akan mengalirkan air di Sungai Citarum titik Curug Jompong saar musim hujan itu diperkirakan akan mulai beroperasi November.

“Sudah 53 persen progres Tunnel Nanjung dan November sudah bisa dioperasikan,” sebut Luhut kepada wartawan di Terowongan Nanjung Curug Jompong Margaasih, Rabu (28/8/19). Pembangunan Terowongan Kembar Nanjung ini diharapkan bisa mengurangi banjir yang sering terjadi di wilayah Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Menurut menteri terowongan ini harus ditunjang adanya lahan yang luas sebagai tempat penampungan atau resapan air. Di samping itu, kerjasama dengan pihak akademisi pun perlu terus dilakukan.

“Terowongan ini direncanakan selesai November 2019. Bisa mengurangi 20% risiko banjir. Spot-spot persiapan penampungan resapan air, yang luasnya 5 hektar juga cukup bagus. Tapi saya kira luasnya harus di kisaran 500 hektar, berupa danau kecil atau situ baru. Oleh karenanya, kajian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bekerjasama dengan studi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), perlu dipertimbangkan dengan cermat,” papar Luhut.***

Luhut Sebut Sungai Citarum Sudah Lebih Baik

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close