Bale Kab BandungGaya HidupKesehatan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Saling Menguatkan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Irmajanti Lande Batara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Soekarno-Hatta, Aang Supono dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Lodaya Dadang Komarudin, menandatangani naskah perjanjian kerja sama, di Sukajadi Bandung, Rabu (29/8/18). by BPJS

BANDUNG – BPJS Kesehatan Cabang Soreang dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Lodaya dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Soekarno-Hatta, resmi menandatangani naskah perjanjian kerja sama, di Sukajadi Bandung, Rabu (29/8/18).

Kerjasama yang disepakati terkait Sinergi Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial di Kabupaten Bandung. Dalam perjanjian kerjasama tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk berupaya bersama-sama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Program Jaminan Sosial di Kabupaten Bandung dengan mengoptimalkan fungsi dan tugas masing-masing pihak dengan saling membantu, saling mendukung dan bersinergi agar program ini berjalan secara terkoordinasi yang efektif dan efisien.

“Kedua lembaga ini dibentuk untuk saling bersinergi. Walaupun programnya berbeda, tapi pesertanya sama,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Irmajanti Lande Batara.

Irmajanti berharap agar hubungan kerjasama ini tidak hanya selesai dengan ditandatangani, namun mengajak untuk bersama-sama berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan terkait kasus-kasus yang berhubungan dengan Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Hubungan Kerja.

Salah satu bentuk kerja sama meliputi edukasi dan sosialisasi program jaminan sosial.  Kerja sama dalam mendorong pemerintah daerah untuk menerbitkan regulasi terkait percepatan rekrutmen atau akuisisi peserta program jaminan sosial.  Serta, kerja sama pendaftaran terpadu pada kanal dan kantor layanan publik yang bekerjasama dengan kedua lembaga tersebut.

“Kami juga akan saling tukar dan memanfaatkan data potensi kedua jenis peserta tersebut,” ujar Aang Supono Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Soekarno-Hatta.

Di samping itu, kerja sama juga dilakukan untuk optimalisasi forum komunikasi dan kerja sama operasional atas pemangku kepentingan kedua lembaga tersebut.  Ke depan pun akan dibuat sebuah portal pendaftaran terintegrasi untuk memudahkan calon peserta. Untuk kerja sama dalam hal pertukaran dan pemanfaatan data kepesertaan, BPJS Kesehatan akan lakukan sinkronisasi dan validasi data peserta Pekerja Penerima Upah (PPU-BU) dan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Satu hal lagi yang akan saling menguatkan satu sama lain yaitu kerjasama dalam bentuk pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan pemberi kerja dalam penyelenggaraan Program Jaminan Sosial.

“Sinergi antar lembaga akan mampu mendorong Pekerja ataupun pemberi kerja untuk segera mendaftar jadi peserta dengan cara-cara persuasif, edukatif, serta law enforcement”, kata Dadang Komarudin Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Lodaya.

Kerja sama dalam aspek pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan pemberi kerja dalam penyelenggaraan Program Jaminan Sosial antara lain pertukaran informasi terkait pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan pemberi kerja, melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bersama atas ketidakpatuhan pemberi kerja, optimalisasi forum terkait pengawasan dan pemeriksaan, sosialisasi bersama pengawasan dan pemeriksaan kepada stakeholder, serta kerja sama dengan lembaga/instansi dalam rangka penegakan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan.***

Suara Kader JKN KIS Mengudara ke Pelosok Desa

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close