Bale BudayaBale Kota BandungHumaniora

Bunga Penutup Abad Jadi Pembuka Bandung Lautan Api

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menerima seniman dan aktris Happy Salma di Pendopo Kota Bandung, Jumat (17/2). by Humas Pemkot Bandung.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menerima seniman dan aktris Happy Salma di Pendopo Kota Bandung, Jumat (17/2). by Humas Pemkot Bandung.

BANDUNG – Bandung sebagai Kota Pariwisata, Budaya dan Seni, banyak sekali melahirkan artis dan seniman terkenal di Indonesia maupun dunia. Salah satu prioritas pembangunan Kota Bandung yang penting adalah dengan memperkokoh nilai budaya serta berkembangnya seni di kalangan masyarakat.

“Kalau dulu kan yang didahulukan pariwisatanya, sekarang prioritas itu ke adiknya yaitu kebudayaan, karena dengan kuatnya kebudayaan maka berkembang pula nilai dan jiwa seni di masyarakat,” ungkap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menerima seniman dan aktris Happy Salma di Pendopo Kota Bandung, Jumat (17/2/17).

Ridwan mengatakan dirinya sangat menyambut baik rencana pementasan “Bunga Penutup Abad” di Kota Bandung. Walikota berharap pementasan-pementasan seni teatrikal ini nantinya juga bisa mengangkat cerita-cerita Kota Bandung atau Tanah Sunda.

“Saya mengapresiasi sekali dengan pementasan seni ini, apalagi kalau pemainnya bintang film kaliber dan terkenal di kalangan muda mudi Indonesia,” ucap Emil.

Dirinya dan Pemkot Bandung akan membantu agar pementasan-pementasan seni seperti ini dapat terlaksana di Kota Bandung. “Ya, kami akan bantu semaksimal mungkin karena dengan mendorong seni budaya agar maju, maka akan pula meningkatkan banyak aspek baik sisi SDM, pariwisata dan memberikan pemahaman bagi generasi muda di Kota Bandung agar mencintai budayanya,” kata dia.

Ridwan pun ingin Happy bisa mengajak teman-teman artis lainya untuk mau mementaskan karya-karya seninya di Kota Bandung dan kedepannya ia akan memberikan ruang bagi penggerak seni dan budaya di Kota Bandung.

“Harapannya nanti semua artis bisa berkarya dan menularkan kreatifitasnya pada Kota Bandung dan saya juga berharap momen-momen seperti Bandung Lautan Api dapat menjadi pementasan seni yang megah dan dibintangi oleh pemeran sekaliber Happy Salma dan rekan-rekannya, sehingga akan menjadi sangat menarik disaksikan semua lapisan masyarakat,” tutur Emil.

Kedatangan Happy Salma sebagai seorang seniman teater untuk meminta dukungan dari Walikota Bandung perihal pementasan seni teater berjudul ” Bunga Penutup Abad”.

“Kami ingin menghangatkan kembali geliat seni teater di Kota Bandung , karena generasi muda si Kota Bandung sangat berbeda dengan kota lain, mereka lebih gereget dengan pementasan-pementasan teatrikal roman, apalagi dengan aktor dan aktris yang cukup mereka kenal,” kata Happy.

Happy mengatakan Kota Bandung merupakan salah satu kota pementasan “Bunga Penutup Abad” yang sekaligus untuk memeriahkan Peringatan Bandung Lautan Api.

“Pementasan ini akan jadi momen yang tepat bagi Kota Bandung dalam rangka menyambut Bandung Lautan Api, sekaligus sebagai pembangkit rasa rindu bagi penikmat seni teater romansa dengan latar belakang jaman penjajahan Belanda,”tutur Happy.

Lebih lanjut Happy memaparkan ” Bunga Penutup Abad” merupakan pentas teatrikal yang didukung aktris dan aktor yang benar-benar piawai dalam seni peran seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, Lukman Sardi serta dirinya sendiri. “Bunga Penutup Abad merupakan adaptasi dari novel karya Pramoeditya Ananta Noer,” terangnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close