Bale CimahiPolitik Cimahi

Kinerja Panwaslu Cimahi Dikeluhkan

CIMAHI – Kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi dinilai lamban. Ketua Tim Pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cimahi nomor urut 2 Asep Hadad Didjaya-Irma Indriani, Edi Kanedi menyatakan lambannya kinerja Panwaslu dalam menyelesaikan suatu masalah bisa mempengaruhi kualitas Pilkada.

“Seharusnya, informasi sekecil apapun segera ditindaklanjuti. Sehingga ketika usai Pilkada tidak ada lagi permasalahan yang belum terselesaikan,” kata Edi ditemui di Gedung DPRD Cimahi, Sabtu (18/2/17).

Menanggapi adanya temuan tindakan kampanye hitam beberapa waktu lalu, ia menandaskan harus segera diusut tuntas apapun hasilnya. Ia mencontohkan, ketika poster pasangan calon yang diusungnya (Hadad-Irma) ditimpah oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Jika itu dianggap suatu pelanggaran, jelas harus ditelusuri apakah itu karena salah pasang, atau tidak pahamnya tim kampanye yang masang atau juga pemilik rumah yang keberatan temboknya ditempel poster.

“Kalau sudah ditelusuri, akan jelas hasilnya, dan panwaslu tinggal mengumumkan hasil dari penelusurannya kepada pelapor dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, jika kinerja Panwaslu masih lamban seperti ini, ia merasa, Pilkada-Pilkada selanjutnya tidak akan ada perubahan. Dan akan mempengaruhi hasil pesta demokrasi yang kurang baik.

“Jadi saya menilai, kinerja Panwaslu Cimahi masih sangat lamban dalam melakukan tindakan. Dan tidak beda jauh dengan kinerja sebelum-sebelumnya. Kitu-kitu keneh pagaweanna (masih seperti itu kinerjanya),” tandasnya.

Menanggapi hal ini, Koordinator Divisi Penindakan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Cimahi, Jusapuandi, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menjalankan prosedur selama Pilkada 2017. “Kita berjalan berdasarkan proses hukum di Pilkada. Jadi ini semua sesuai dengan prosedur,” tukasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close