Bale Kab BandungPamong

Bupati Ingin Terowongan Curug Jompong Segera Terealisir

Curug Jompong di Desa Nanjung Kec Margaasih Kab Bandung. ist

SOREANG – Bupati Bandung Dadang Naser berharap proyek terowongan Curug Jompong yang dikerjakan pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum saat ini segera terwujud guna menuntaskan persoalan banjir akibat luapan Sungai Citarum.

Bupati mengutarakan hal itu seiring bakal rampungnya proyek polder atau kolam retensi banjir Cieunteung di Kelurahan/Kecamatan Baleendah pada Desember 2018.

“Kolam retensi Cieunteung sudah hampir beres, progresnya mungkin sudah 90 persen lebih sudah beres bangunan fisiknya. Sesuai aturannya harus beres Desember tahun ini dan sudah fungsional,” kata bupati kepada Balebandung.com, Jmat (12/10/18).

Dadang mengaku kolam retensi Cieunteung ini bakal mengurangi cakupan wilayah banjir meski belum tentu bisa menyelesaikan persoalan banjir. Untuk itu bupati berharap proyek terowongan Curug Jompong bisa segera terealisir.

“Kalau ditanya apa kolam Cieunteung ini akan mengurangi banjir, ya bisa mengurangi, tapi belum bisa menyelesaikannya. Karena itu harus ditunjang dengan pembuatan terowongan di Curug Jompong agar segera terwujud,” kata Dadang.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Pekerjaan Umum telah menyetujui pembangunan terowongan air dan pintu air di Curug Jompong. Curug itu dinilai menghadang aliran Sungai Citarum di wilayah Desa Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Pemerintah pusat pun menyetujui pembangunan terowongan air itu untuk mengalirkan arus Citarum ke Waduk Saguling, sehingga permukaan air sungai bisa turun terutama pada saat musim hujan atau banjir.***

BBWS Citarum Pastikan Curug Jompong Tidak Disodet

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close