Bale PolitikPolitik KBB

Cabup Ini Janjikan Honor Linmas dan Guru Honorer KBB Naik 2 Kali Lipat

Cabup KBB no 2 Doddy Imron Cholid

NGAMPRAH – Calon Bupati Bandung Barat nomor urut 2 Doddy Imron Cholid menjanjikan peningkatan honor petugas perlindungan masyarakat (Linmas), menjadi dua kali lipat dari yang sekarang. Termasuk insentif bagi Ketua RT/RW, kepala dusun maupun perangkat desa lainnya, serta kader posyandu dan guru honorer.

“Petugas linmas harus diberikan dana insentif lebih baik. Bupati bisa mengeluarkan kebijakan anggaran bisa dari hibah atau lainnya asal sesuai aturan,” kata Doddy kepada wartawan, Sabtu (23/6/18).

Menurutnya, jumlah petugas Linmas pada 2017 yang bertugas di desa, kecamatan, dan pemda mencapai 3.795 orang. Tiap tiga bulan sekali, Pemkab Bandung Barat memberikan uang insentif kepada setiap petugas Linmas sebesar Rp 300 ribu.

Ia menuturkan, dengan uang insentif tersebut, maka diperlukan anggaran sekitar Rp 4,6 miliar dari APBD Bandung Barat. “Kalau dinaikkan dua kali lipat diperlukan anggaran dari APBD sekitar Rp 8-9 miliar. Itu masih sangat memungkinkan,” terangnya.

Dengan menaikan honor petugas linmas, lanjut Doddy, maka mereka bisa lebih tenang saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat. Karenanya Doddy menandaskan honor untuk Linmas tiap tahun akan ditingkatkan jika dirinya terpilih.

“Mereka menjadi Linmas ini cuma buat pekerjaan sampingan. Makanya, honor Linmas harus ditingkatkan. Beban dan tanggung jawabnya juga harus jelas demi kesejahteraan mereka,” kata dia.

Menurutnya hal ini realistis dan tidak muluk-muluk jika dirinya menaikkan honor petugas Linmas sampai beberapa kali lipat. Sebab seiring dengan peningkatan pendapatan asli daerah, honor Linmas ini akan ditingkatkan terus.

Doddy menambahkan, honor bagi perangkat desa seperti ketua RT/RW, kadus, atau aparat desa lainnya juga akan ditingkatkan dua kali lipat. “Demikian pula dengan kader posyandu dan guru honorer. Pendapatan mereka sekarang ini kan cuma berapa, makanya harus ditingkatkan,” pungkasnya. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close