Bale Kab Bandung

Camat Ibun Ajat Sudrajat Bertekad Tingkatkan IPM dengan Konsep Pentahelix

Asisten I Pemerintahan Setda Kab Bandung Rully Hadiana menyaksikan penandatanganan berta acara sertijab Camat Ibun dari Ika Nugraha (tengah) kepada Ajat Sudrajat (kanan), di GOR Desa Lampegan, Kec Ibun, Senin (8/7/19). by iwa/bbcom

IBUN, Balebandung.com – Camat Ibun Ajat Sudrajat bertekad untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Menurut Ajat Ibun merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, namun dari segi sumber daya manusia masih tertinggal dengan kecamatan lainnya.

“Ibun harus jadi kecamatan yang maju. Ibun ini masih tertinggal IPM-nya dibanding kecamatan lain, terutama dari indeks daya beli. Padahal Ibun ini kaya dari segi SDA-nya. Saya bertekad untuk meningkatkan IPM Ibun,” kata Adjat saat serah terima jabatan (Sertijab) camat lama yakni Ika Nugraha kepada Camat baru Ajat Sudrajat SH. SE. M.Si, di GOR Desa Lampegan, Ibun, Senin (8/7/19).

Ajat mengatakan, upaya untuk meningkatkan IPM tersebut dengan menerapkan konsep pembangunan Pentahelix yang melibatkan lima unsur dalam pembangunan yakni pemerintah, masyarakat atau komunitas, pengusaha, akademisi dan unsur media.

“Kelima unsur ini semuanya berperan, maka daerah itu akan maju. Semua berperan, berkolaborasi antara pemerintah, masyarakat, swasta atau dunia usaha. Dari keempat unsur tadi termasuk diantaranya juga peranan media,” papar Ajat.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bandung yang dirilis tahun 2018, hasil survei BPS Kab Bandung tahun 2017 IPM Kecamatan Ibun mencapai 76,41 poin yang berada di peringkat ke-15 dari 31 kecamatan. Indeks kesehatan Ibun sebesar 80,10 poin, pendidikan 80,94 poin, sementara indeks daya beli mencapai 68,20 poin. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close