Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale BandungCek ProKus, Mensos Kunjungi Kab Bandung

Cek ProKus, Mensos Kunjungi Kab Bandung

SOREANG  Balebandung.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung. Dalam kunjungan ini turut hadir anggota Komisi VIII yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII Tb. Ace Hasan Syadzili.

Mensos dan jajaran menyaksikan dan memberikan arahan kepada para pelaku kewirausahaan sosial. Di antara agenda kunjungan Mensos adalah bertemu dengan penerima manfaat Program Kewirausahaan Sosial (Prokus).

ProKUs adalah program lanjutan dari Program Keluarga Harapan (PKH). ProKUs dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos untuk melatih secara mandiri para KPM dengan potensi usaha yang dimiliki, agar usaha mereka lebih berkembang lagi.

Di Kab Bandung, tercatat ada sejumlah Prokus yang cukup menonjol, seperti usaha konveksi dengan merek Annur yang dimiliki Nenah. Berkat ProKUS, Nenah dapat mengoptimalkan usaha konveksinya dengan pemasaran melalui daring. Selain itu ada juga Comring Raja Rasa, Teh Tarik Rayi Raka, dan Tempe Bu Ade.

Mensos juga direncanakan akan melihat dari dekat pengelolaan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). SLRT Sabilulungan merupakan layanan terpadu yang berkembang baik, dan menjadi percontohan beberapa daerah.

Hadirnya Puskesos/ SLRT merupakan salah satu upaya mewujudkan akses luas multi layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat, termasuk kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kini, Puskesos/SLRT telah ada di lebih dari 150 kabupaten/kota hingga ke tingkat desa/kelurahan di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Mensos juga menyerahkan secara simbolis 1.270 paket bantuan masker dan vitamin untuk Kabupaten Bandung yang disalurkan melalui Karang Taruna.

Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melalui 13 Unit Pelayanan Tenis juga meyalurkan berbagai bantuan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk anak, penyandang disabilitas, lansia, korban penyalahgunaan (KP) Napza dan tuna sosial di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI