Bale Kab Bandung

Dishub Kab Bandung Luncurkan Angkot Online

Pemkab Bandung meluncurkan program angkot online Satalen di Kec Cangkuang, Rabu (8/1/2020). by Humas Pemkab

BANDUNG, Balebandung.com – Guna mengatasi kesemrawutan lalu lintas serta mengurangi polusi udara, Pemkab Bandung meluncurkan program Sistem Trayek Berbasis Online (Satalen) di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Rabu (8/1/2020).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa menjelaskan, program Satalen bertujuan menumbuhkan kembali minat masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung untuk menggunakan angkot.

“Sampai saat ini, jumlah angkot di Kabupaten Bandung terus berkurang. Hal tersebut disebabkan dari pengurangan jumlah trayek, dari 70 menjadi 30 trayek,” ungkap Zeis.

Untuk membedakan angkot online dan angkot konvensional, terang Zeis, masyarakat dapat melihat dari stiker yang terdapat di depan dan belakang angkot.

“Selain itu, di bagian kiri dan kanannya juga terdapat nomor lambung seperti TBR 0001, TBR 0002. Dengan adanya nomor tersebut, penumpang dapat dengan mudah mengetahui angkot yang mereka gunakan. Sementara untuk jam operasionalnya, angkot ini beroperasi pada pukul 06.00 – 22.00,” papar Kadishub .

Chief Executive Officer (CEO) PT. Teknologi Olah Rancang Nusantara (TRON) David Santoso mengatakan, hadirnya layanan transportasi umum berbasis online tersebut merupakan komitmen dalam upaya mengembangkan serta menghadirkan solusi kepada masyarakat dalam industri transportasi publik online.

“Untuk menikmati transportasi ini, masyarakat Kabupaten Bandung sudah bisa mengunduhnya di playstore dengan search TRON – Transportasi Online. Cara pesannya mudah, pilih halte terdekat, masukkan lokasi tujuan dan jumlah penumpang, lalu pilih order. Mengenai jumlah penumpang maksimal lima orang dalam satu kali transaksi, karena ini sifatnya ride sharing,” jelas David. Ia menambahkan, kedepannya pihaknya akan mengoperasikan lebih dari 10.000 angkot dengan menggunakan aplikasi TRON. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close