Bale Kab BandungHankam

Hanya Polres Bandung yang Peduli Banjir Jalan Raya Cinunuk

Personil satlantas Polres Bandung bersihkan saluran air di Jalan Raya Cinunuk, Cileunyi, Jumat (3/3). by iwa/bbcom
Personil Satlantas Polres Bandung bersihkan saluran air di Jalan Raya Cinunuk, Cileunyi, Jumat (3/3). by iwa/bbcom

CILEUNYI – Jalan Raya Cinunuk, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, selama ini kerap dilanda banjir cileuncang dengan luapan air dari selokan dan drainase yang cukup besar. Ketinggian banjirnya bisa mencapai 30-50 sentimeter. Kondisi seperti itu tentu saja menghambat laju kendaraan yang melintasi jalan nasional tersebut bahkan sering menimbulkan kemacetan.

Usut punya usut, meluapnya air dari selokan dan drainase hingga melintas Jalan Raya Cinunuk itu karena banyak sampah yang menghalangi, ditambah lagi selokan yang mengalami pendangkalan. Mirisnya lagi ada beberapa titik drainase yang sudah tidak bisa berfungsi seperti dengan sengaja ditutup dengan material tanah.

Selama ini tidak ada yang peduli dengan banjir cileuncang di Jalan Raya Cinunuk itu, baik dari masyrakat, tingkat RT/RW, pemerintahan desa, kecamatan, bahkan Pemkab Bandung sendiri. Bahkan banyak pihak swasta, perusahaan, mini market, bahkan perbankan ternama di sepanjang jalan raya itu, tapi tidak menunjukkan kepeduliannya. Hanya Polres Bandung yang peduli.

Personil Satlantas Polres Bandung bersihkan saluran air di Jalan Raya Cinunuk, Cileunyi, Jumat (3/3). by iwa/bbcom
Personil Satlantas Polres Bandung bersihkan saluran air di Jalan Raya Cinunuk, Cileunyi, Jumat (3/3). by iwa/bbcom

Dipimpin Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Satlantas Polres Bandung Kiki, beberapa personil Satuan Lalu Lintas Polres Bandung tampak membersihkan saluran air, gorong-gorong, selokan, drainase yang tertutup sampah yang menyebabkan air meluap ke badan jalan.

“Giat ini spontan kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Cinunuk ini apabila turun hujan deras dan menyebabkan banjir yang diakibatkan meluapnya air dari selokan,” ungkap KBO Satlantas Polres Bandung Iptu Kiki Hartaki kepada wartawan di sela kerja bakti pembersihan sampah selokan, Jumat (3/3/17).

Karena spontan, imbuh Kiki, peralatan yang digunakan pun seadanya saja seperti garpu dan garuk bangunan, cangkul, pengki atau serok sampah, dan bambu alat penyodok sampah. “Kita hanya sedikit berupaya saja karena personil dan peralatan pun sangat terbatas. Mudah-mudahan bisa mendorong pihak lain untuk ikut membantu membersihkan gorong-gorong yang tersebumat,” ucap Kiki.

Menurutnya, tak jarang banjir cileuncang itu menimbulkan laka lantas meski belum menyebabkan korban jiwa. “Ada pengendara motor yang terperosok ke lubang jalan karena jalannya tertutup air banjir. Ada juga yang tergelincir akibat derasnya air yang melintas ke badan jalan. Ya, cukup membahayakan untuk keselamatan para pengendara motor khususnya,” ungkapnya.

Kiki mengakui banjir cileuncang yang menggenang Jalan Raya Cinunuk tersebut akibat saluran selokan dan drainase yang buru. Hingga menjelang siang, personil Satlantas Polres Bandung masih terus berupaya membersihkan sampah dan lumpur yang menutupi selokan dan gorong-gorong.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close