Bale Kota BandungKesehatan

Kini Puskesmas Sukasari Layani Poned

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan beroperasinya Puskesmas PONED Sukasari di Jalan Geger Kalong Hilir nomor 157, Kamis (2/5/19). by Humas Pemkot

BANDUNG, Balebandung.com – Setelah hadir di 6 tempat, kini Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar (PONED) hadir di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukasari. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan beroperasinya Puskesmas PONED Sukasari yang berada di Jalan Geger Kalong Hilir nomor 157, Kamis (2/5/19).

Enam lokasi lain yang juga melayani PONED yaitu Puskesmas Garuda, Puter, Pagarsih, Padasuka, Ibrahim Ajie dan Puskesmas Cipamokolan. Yana merasa bangga karena Puskesmas bagi ibu dan bayi itu bertambah di Kota Bandung. Artinya, Pemkot Bandung sangat concern terhadap kesehatan masyarakat.

“Pemkot Bandung akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga, termasuk dalam pelayanan PONED. Dengan itu, visi Kota Bandung sebagai kota yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis akan terwujud,” tandas Yana.

Menurut Yana, hadirnya Puskesmas PONED bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat khususnya ibu dan bayi.

Ia mengungkapkan, menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, angka kematian ibu dan bayi (AKI dan AKB) relatif tinggi. Menunjuk dari 100.000 kelahiran hidup, 305 diantaranya berakhir dengan kematian. Sedangkan di Kota Bandung, pada tahun 2018, terdapat 29 kasus kematian ibu. Sedangkan kematian bayi sebanyak 113 kasus.

“Maka dari itu, hadirnya Puskesmas ini untuk memberikan perhatian khusus kepada ibu dan bayi. Sekaligus menurunkan angka kematian,” jelasnya. Yana menyatakan, Pemkot Bandung menargetkan agar di setiap kelurahan memiliki Puskesmas PONED.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, PONED adalah pelayanan untuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal dasar yang terjadi pada ibu hamil, ibu bersalin, ataupun dalam masa nifas dengan komplikasi yang dapat mengancam jiwa ibu ataupun janinnya.

“Memang dibutuhkan pelayanan PONED. Ini pelayanan yang dekat dengan pemukiman warga,” ujar Rita. Ia menambahkan, Puskemas PONED Sukasari terdiri dari tiga lantai dan terdapat ruangan seperti ruang persalinan, ruang KIA KB imunisasi, ruang pasca persalinan, ruang persalinan dan ruang pijit bayi.

Sedangkan jenis pelayanan PONED di antaranya KIA/KB, pertolongan persalinan normal, pendeteksian risiko tinggi ibu hamil, penatalaksanaan ibu hamil risiko tinggi, perawatan ibu hamil sakit dan perawatan bayi baru lahir.

“Fasilitas sudah cukup, dengan 7 Puskesmas PONED di Kota Bandung ini, kita bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Kadinkes.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close