Bale CimahiHumanioraLingkungan

KLH Cimahi Galakkan Pembibitan Pohon

ilustrasi pembibitan pohon
ilustrasi pembibitan pohon

CIMAHI – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi sedang gencar melakukan pembibitan pohon untuk keperluan reboisasi lahan kritis yang ada di Cimahi. Pembibitan dilakukan di Posko Bibit milik KLH yang lokasinya berada di belakang kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi.

Kepala KLH Cimahi M Ronny mengatakan program pembibitan ini salah satunya juga bertujuan menjaga stok bibit tamanan keras. Sebab tanaman keras cocok untuk penghijauan di lahan-lahan terbuka hijau di Cimahi. “Kami melakukan proses penyemaian bibit berbagai tanaman keras di posko bibit ini,” ungkap Ronny, Senin (28/3/16).

Hingga kini pihaknya punya 2.000 bibit tanaman keras di lahan seluas 800 meter persegi itu. Keuntungan lain yang diperoleh dari pembibitan sendiri ini adalah ketika membutuhkan bibit pohon untuk penamanam, maka pihaknya tak perlu mengeluarkan anggaran untuk pembelian.

“Kalau begini kan bisa menghemat anggaran juga. Kalau perlu untuk kegiatan penanaman tinggal ngambil dari posko pembibitan ini,” ujar Ronny.

Untuk proses pembibitan, pihaknya pun memiliki beberapa jenis pohon. Nantinya pembibitan itu pun disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pohon untuk penghijauan, untuk reboisasi lahan kritis, dan untuk keperluan lainnya.  “Pohon yang disemai pun disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” pungkasnya. (fik)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close