Bale Kab BandungGaya HidupKomunitas

KNPI Kab Bandung Usul Anggaran Pembinaan Pemuda di Kecamatan

Ketua DPD KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan melantik Pengurus Kecamatan (PK) KNPI Rancaekek,Cicalengka dan Kecamatan Nagreg periode 2016-2018, di Pendopo Kantor Kecamatan Cicalengka, Sabtu (8/10). by KNPI Kab Bdg
Ketua DPD KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan melantik PK KNPI Rancaekek,Cicalengka dan Nagreg periode 2016-2018, di Pendopo Kantor Kec Cicalengka, Sabtu (8/10). by KNPI Kab Bdg

CICALENGKA – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Bandung melantik dan mengambil ikrar janji tiga Pengurus Kecamatan (PK) KNPI yakni Kecamatan Rancaekek,Cicalengka dan Kecamatan Nagreg periode 2016-2018, di Pendopo Kantor Kecamatan Cicalengka, Sabtu (8/10/16).

Pelantikan yang bertema “Reaktualisasi Peran Lembaga Berhimpun Organisasi Kemasyarakatan dalam Menjawab Tantangan Kemasyarakatan Masa Kini” tersebut dihadiri para pengurus KNPI tiga kecamatan, anggota DPRD Kabupaten Bandung Cecep Suhendar, Camat Cicalengka Ahmad Rizky Nugraha dan Camat Nagreg H. Entang Kurnia.

Pengurus kecamatan yang dilantik diantaranya diketuai Ketua Pengurus Kecamatan Cicalengka Usep Ridwan, Kecamatan Nagreg Bintang Gemilang Muslim, dan Ketua Pengurus Kecamatan Rancaekek Budimantara.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung Galih Hendrawan berharap dengan dilantiknya PK KNPI di setiap kecamatan dapat makin mempererat silaturahmi antar anggoa KNPI di tingkat kecamatan maupun DPD. “Diharapkan PK juga bisa membuat program-program kerjanya yang bisa disandingkan dengan DPD,” ucap Galih dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu Galih juga menyampaikan aspirasinya ke anggota Dewan yang hadir untuk bisa mengajukan anggaran yang bisa dialokasikan untuk tiap PK KNPI. Galih menuturkan alasan berdasar pengalaman pribadinya saat di PK KNPI Bojongsoang, tiap PK kecamatan kesulitan untuk bergerak karena minim sokongan pendanaan.

“Karena itu perlu adanya alokasi anggaran untuk PK KNPI dalam rangka pembinaan generasi muda di tingkat kecamatan,” tandas Galih.

Dengan adanya alokasi anggaran pembinaan pemuda untuk tingkat kecamatan diharapkan ada peningkatan skill di kalangan pemuda melalui pelatihan seperti di bidang ekonomi, di samping terus melakukan regenerasi pengurus KNPI. Begitu pula program-program dari kantor kecamatan sebenarnya bisa disinergikan dengan KNPI karena KNPI sendiri harus bisa menjalankan program pembangunan apapun di tingkat kecamatan.

“Dengan demikian para pemuda bisa makin berperan dalam kehidupan bermasyarakat dengan terus mengibarkan bendera KNPI hingga ke tingkat desa untuk menunjukkan eksistensinya bahwa KNPI itu ada di tengah masyarakat sampai ke pelosok desa,” kata Galih.

Menanggapi hal ini Wakil Ketua Komisi B DPRD Kab Bandung Cecep Suhendar menyatakan pihaknya terus mengupayakan penganggaran pembinaan kepemudaan hingga tingkat kecamatan.

“Kami, khususnya dari Fraksi Golkar terus mengupayakan dan mengawal usulan anggaran pembinaan kepemudaan hingga tingkat kecamatan. Setidaknya mungkin nantinya bisa direkayasa atau disatukan dengan anggaran untuk DPD KNPI mauoun lewat SKPD yanng bisa dekat dengan PK. Apalagi tahun depan akan ada perombakan SOTK yang baru, mudah-mudahan bisa terealisasi, kita terus upayakan,” kata Cecep.

Dengan begitu, imbuh dia, program-program kegiatan dan estapet kepemimpinan atau regenerasi di tubuh KNPI bisa dijalankan hingga tingkat kecamatan. “Sebab kader KNPI itu pengemban amanah masa depan bangsa. Kita harus percaya diri dan bangga jadi kader KNPI yang merupakan laboratoriumnya para pemuda. KNPI bukan sekadar lembaga yang mengkordinir pemuda atau lembaga pemersatu organisasi kepemudaan. Lebih dari itu juga harus mampu menunjukkan program-program kerjanya berjalan dan mendapatkan pendidikan atau ilmu-ilmu kepemimpinan yang belum tentu bisa didapatkan dalam pendidikan formal,” ungkap Cecep.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close