Sabtu, April 13, 2024
BerandaBale BandungMoment Hari Asyura, Cucun Ahmad Syamsurijal Santuni 1.000 Anak Yatim

Moment Hari Asyura, Cucun Ahmad Syamsurijal Santuni 1.000 Anak Yatim

PACET, Balebandung.com – Sekitar 1.000 anak yatim yang berada di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung mendapat santunan dari Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Santunan berupa paket sembako, makanan siap saji dan peralatan sekolah tersebut dibagikan di Pondok Pesantren Daarussa Adah Gunung Manik, Desa Nagrak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jumat (28/7/2023).

Ketua Fraksi PKB DPR RI mengaku kegiatan resesnya kali ini bertepatan dengan Hari Asyura 10 Muharam, sehingga sangat tepat dijadikan moment untuk amalan menyantuni anak yatim.

“Alhamdulillah, kebetulan reses saya hari ini ada di masa asyhurul hurum, yaitu bulan-bulan yang dimuliakan di antaranya itu sekarang merupakan momentum pergantian tahun Hijriyah 1445. Sekarang ini hari Asyura atau hari ke-10 di bulan Muharram, kegiatan santunan anak yatim ini merupakan bagian daripada amalan yang dilaksanakan oleh seluruh umat Islam di awal pergantian tahun Hijriyah,” ungkap Cucun kepada wartawan.

Cucun berharap pada moment apa yang menjadi harapan kita di tahun hijriyah kemarin menjadi catatan-catatan yang baik, yang kita akan lebih tingkatkan ke depannya lagi untuk lebih baik dari tahun kemarin.

“Kalau misalkan sekarang di hari Asyura banyak keistimewaan-keistimewaan yang sudah dicontohkan diberikan oleh Allah kepada makhluk-makhluk pilihannya, semoga kami dan saya sendiri yang merupakan wakil rakyat dari Kabupaten Bandung, juga mendapat keistimewaan di hari Asyura ini dengan berbagi kepada anak yatim,” harap Cucun yang juga anggota Komisi III DPR RI ini.

Ia pun mengatakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah menginstruksikan kepada kader-kader PKB untuk berbagi di awal bulan Muharram 1445 H ini, untuk bisa meringankan beban, khususnya anak yatim.

“Alhamdulillah, hari ini kita 1.000 anak yatim bisa berkumpul se-Kecamatan Pacet dan ini bagian daripada upaya bagaimana kita lebih memberikan suatu suporting kepada anak-anak kita, agar jangan pernah pesimis, jangan pernah putus asa, jangan pernah merasa kita ini termarjinalkan. Bahwa semua punya kemampuan. Siapa tahu anak-anak yang ngumpul di sini nantinya akan menjadi orang-orang hebat ke depan,” ucapnya.

Cucun menandaskan, PKB ingin agar negara benar-benar hadir sesuai amanat konstitusi Pasal 34 ayat (1) UUD 1945 bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

“Makanya anak-anak di Pesantren Darussa’adah ini yang hampir 80% anak-anak yatim. Mereka sekolah,  mengaji , kita fasilitasi. Bagaimana caranya mereka bisa mendapatkan hak yang sama dengan warga yang lain untuk mendapatkan pendidikan,” kata dia.

Anak-anak yatim ini pun menurutnya merupakan generasi masa depan bangsa, sehingga pembentukan karakter sangat penting dengan disertai ilmu-ilmu aqidah yang sangat dasar.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI