Bale BudayaBale JabarHumaniora

Nih, Penampakan Makuta Binokasih yang Fenomenal

MAKUTA BINOKASIH4SUMEDANG  – Makuta Binokasih yang dibuat di Yogyakarta akhirnya tiba di Sumedang sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (17/4/16). Makuta yang diangkut menggunakan truk militer untuk kemudian dipasang pada tugu beton yang sudah berdiri.

Dengan berat mencapai 400 Kg berbahan tembaga, dilengkapi batu giok di makuta bagian depan serta detil ukiran yang menyerupai aslinya, membuat makuta ini sangat mengesankan. Boleh dibilang ini merupakan karya fenomenal dari Nui Group atau CV Jaya Berkah Abadi (JBA) selaku kontraktor pendirian tugu tersebut.

Setelah makuta terpasang, Direktur CV JBA Nur Nurhayati Somadhanu berharap proyek dengan sumber anggaran dari dana CSR (corporate social responsibility) Bank BJB sebesar Rp 1,1 miliar itu bisa diresmikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumedang ke-438 pada 22 April 2016.

“Apalagi kalau sudah diresmikan, saya yakin ini bakal jadi daya tarik wisatawan baik buat warga Sumedang sendiri maupun wisatawan domestik maupun mancanegara. Terlebih lagi posisinya sangat strategis di tengah kota Sumedang. Tugu ini bakal jadi photo stop maupun ajang ber-selfie ,” ungkap Nur.

CEO dari Nui Group ini mengaku masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti finishing bunderan tugu. Kemudian pemasangan kujang yang dipesan dari Bogor.

“Hari ini hanya pemasangan makutanya dulu. Makanya makutanya masih ditutupi Bendera Merah Putih, nanti menjelang peresmian baru dibuka lagi,” pungkas Nur.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close