Bale Kota Bandung

PDI Perjuangan Partainya Anak Muda

BANDUNG, Balebandung.com – PDI Perjuangan masih dinilai sebagai partainya anak muda. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menyatakan, berbagai survei juga menyebut PDI Perjuangan sebagai parpol yang paling diminati anak muda bahkan pemilih pemula atau kaum milenial. Hal ini menunjukkan program kaderisasi berjalan di tubuh PDI Perjuangan.

“Sampai sekarang pun, PDI Perjuangan masih menjadi partainya anak muda. Berbagai survei menobatkan PDI Perjuangan sebagai parpol yang dipilih kaum muda,” tandas Ono usai talkshow Pemuda Menjawab Tantangan Zaman di Hotel Malaka Bandung, Senin (28/10/19).

Ono mengakui peran pemuda cukup besar dalam mewarnai agenda partai. Sehingga saat fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran dari parpol, ada pemuda bisa dipetik apa yang menjadi buah pikirannya, agar kondisi bangsa yang harus terus berubah untuk semakin maju

Untuk itu, imbuh Ono, sayap-sayap partai di bidang kepemudaan terus diperkuat, seperti Banteng Muda Indonesia (BMI), Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), dan Taruna Merah Putih (TMP). “Sayap-sayap partai itu menjadi wadah kaum muda agar tetap menjadikan PDI Perjuangan sebagai partainya pemuda,” tandas Ono.

Termasuk dalam menggalang kaum milenial, dengan terus melakukan komunikasi dengan para milenial antara lain berupa diskusi atau talkshow. “Cuma formatnya kita setting lagi agar tidak terlalu formal dan lebih menarik, lebih cocok dengan kaum milenial. Kita diskusi sambil ngopi bareng di cafe misalnya, atau di sekretariat dengan ruang khusus yang di-setting menyesuaikan dengan kaum milenial,” urai angggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus, anggota legislatif maupun kepala daerah dari PDI Perjuangan untuk terus berkomunikasi dan merangkul kaum muda. Dengan demikian, setiap permasalah yang melibatkan anak muda, tidak perlu harus berujung dengan aksi unjuk rasa atau demo.

Senada dengannya anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyatakan agar PDI Perjuangan tetap dimintai kaum muda kuncinya adalah komunikasi.

“PDI Perjuangan sangat membuka diri untuk menjadi partainya kaum muda. Antara lain dengan menggelar acara-acara diskusi talkshow seperti ini,” kata Adian.

Menurutnya, kaum muda harus jadi orang muda, dengan tipikal ketidaksabarannya, rasa keingintahuannya yang besar, suka berkeksperimen, mau coba banyak hal, tidak mudah puas dengan apa yang sudah tercapai. “Pemuda harus punya tipikal seperti itu agar dia terus maju, agar mampu menjawab tantangan zaman,” pungkas Adian.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close