Bale Kab BandungHumanioraPendidikan

Siswa Dibekali Sosialisasi 4 Pilar Antisipasi Radikalisme

bb-decup-sma
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMA Negeri 1 Baleendah Kabupaten Bandung, Jumat (26/2). by Agus Gente

BALEENDAH – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMA Negeri 1 Baleendah Kabupaten Bandung, Jumat (26/2/16). Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menekan paham radikal yang akhir-akhir ini banyak ditemui di kalangan anak-anak muda.

Dede mengatakan usia remaja dinilai sangat rentan terpengaruh pemahaman radikal. Untuk itulah diperlukan sinergitas berbagai pihak untuk mencegah masuknya pemahaman radikal terhadap usia remaja yang masih sangat labil dan mudah dipengaruhi.

“Selain pengawasan ketat dari pihak orang tua dan guru di sekolah, paham radikalisme juga bisa ditangkal dengan cara penguatan pemahaman mengenai nasionalisme berkebangsaan,” tutur politisi Partai Demokrat ini.

Mantan Wagub Jabar ini menilai saat ini pada usia siswa SMA dan mahasiswa menjadi tingkat awal rentan terpengaruhi pemahaman radikal. Terbukti dari kejadian beberapa waktu lalu, Densus 88 mengamankan salah seorang warga Baleendah yang juga masih mahasiswa yang diduga karena terlibat jaringan terorisme.

Berkaca dari hal itu, dirinya merasa terpanggil untuk aktif mendatangi sekolah-sekolah guna memupuk jiwa nasionalisme kepada para pelajar. Dia menilai, pemahaman berbangsa dan bernegara harus terus menerus didengungkan kepada generasi muda agar tidak terpengaruh dengan pemahaman menyesatkan dan aliran radikal.

“Saya meminta agar pengawasan dan monitoring kepada anak-anak muda ini diperketat untuk menangkal berbagai aliran sesat atau paham radikal yang bisa menjadi benih-benih tindakan negatif dan destruktif,” pungkasnya. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close