Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale CimahiPenderita TB di Cimahi Masih Tinggi

Penderita TB di Cimahi Masih Tinggi

CIMAHI, Balebandung.comHingga kini jumlah penderita Tuberkulosis (TB) di Kota Cimahi masih cukup tinggi. Untuk itu Pemkot Cimahi berupaya terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui bagaimana mencegah penyebaran penyakit ini.

Seperti yang dilakukan kepada sebanyak 420 orang keluarga penderita Tuberkulosis (TB) yang mengikuti kegiatan sosialisasi TB dalam kegiatan peringatan hari TB sedunia.

“Kami berupaya terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengetahui bagaimana mencegah penyebaran penyakit ini. Termasuk juga bagaimana mengobatinya,” terang Sekretaris Dinkes Cimahi, Fitriani Manan.

Upaya pencegahan ini tidak lain sebagai langkah mendukung gerakan dari WHO yang menargetkan jika pada tahun 2030 di seluruh dunia bebas TB. “Kami juga ingin target ni bisa tercapai di Cimahi untuk itu perlu adanya dukungan dari masyarakat termasuk keluarga penderita,” ujar Fitriani

Awalnya, pihaknya ingin mendatangkan langsung para peenderita TB. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya keluarga penderitalah yang didatangkan untuk mendapatkan sosialisasi ini. Kendati begitu Fitri yakin walaupun keluarga yang diberi sosialisasi tapi bisa berdampak kepada penderita langsung dalam melakukan pengobatan.

“Penyakit ini penyebarannya lewat udara, berdasarkan penelitian satu kali batuk berdahak bisa menyebar ke-15 orang disekitar,” sebutn Fitri.*** [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI