Bale Kota BandungEvent

Persiapan Karnaval Kemerdekaan Dikebut

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (24/8/17). by Meiwan Humas Pemkot Bdg
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (24/8/17). by Meiwan Humas Pemkot Bdg

BALEKOTA – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku tengah mengebut persiapan teknis kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang akan digelar Sabtu, 26 Agustus 2017. Ia optimis bisa menghadirkan kemeriahan pada acara tahunan itu.

“Per hari ini semua sudah bergerak mempersiapkan, sehingga kegiatan festival ini bisa berlangsung dengan ramai dan nyaman,” ungkap Ridwan usai Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (24/8/17).

Seluruh persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara. Dipastikan, ribuan warga Bandung dan Jawa Barat akan memadati Bandung hari itu.

Presiden Jokowi sendiri dijadwalkan akan turut berada di tengah-tengah masyarakat mengikuti karnaval. Panitia telah menyiapkan kendaraan hias istimewa untuk presiden yang dirancang oleh lima seniman kenamaan Bandung.

“Ada 40 delegasi yang akan tampil. Termasuk Presiden akan mengendarai kendaraan khusus yang didesain oleh seniman Bandung sebagai pembuka dari karnaval,” terang Ridwan.

Rute-rute tersebut antara lain mulai dari Gedung Sate, lanjut melalui Jalan Diponegoro, berbelok ke Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Merdeka, Jalan Braga, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika. Iring-iringan karnaval berakhir di Alun-alun Kota Bandung.

“Pak Presiden berhenti di Taman Vanda, nanti di Taman Vanda akan dipermak menjadi panggung,” ujar Ridwan.

Soal pakaian, Ridwan menyerukan agar warga menggunakan pakaian adat atau pakaian nasional. Dengan begitu, suasana Tatar Parahyangan akan semakin terasa. Presiden Jokowi juga akan mengenakan pakaian adat Sunda.

“Pak Jokowi tetap akan memakai pakaian tradisional Sunda, kalau di Sunda kan pilihannya cuma dua antara pangsi atau beskap. Di antara dua itu yang akan dipakai oleh Presiden. Tapi warnanya apa, bagaimana bentuknya, saya tidak ikut campur. Dari istana yang mempersiapkan,” kata dia.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan menjadi penutup bulan kemerdekaan di Agustus ini. Semula, perhelatan akbar tahunan itu akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2017 pagi, begeser jadwal menjadi pukul 14.00 di hari yang sama.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Yayan Ahmad Brillyana menuturkan, mundurnya jadwal tersebut tidak akan mengurangi konten acara, melainkan hanya menggeser waktuya saja.

“Berdasarkan hasil rapat panitia, itu tidak akan mengurangi kemeriahan acara. Kita tetap akan melaksanakannya dengan semarak,” tutur Yayan di Bale Kota Bandung, Kamis (24/8/17).

Hal itu diperkuat dengan pernyataan Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan Aat Suratin, bahwa pihaknya memastikan karnaval ini tetap berjalan meriah.

“Karnaval Kemerdekaan merupakan karnaval yang akan menggambarkan kesatuan dan persatuan bangsa. Hal ini terlihat dari banyaknya unsur kebudayaan dari berbagai daerah, baik tradisional maupun kontemporer,” ujar Aat.

Penyelenggara juga akan melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival. Kehadiran warna-warni dari nusantara akan menambah semarak karnaval tersebut.

Tak hanya itu, karnaval kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close