Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale BandungSahrul Gunawan Apresiasi Vaksinasi Massal Penyandang Difabel

Sahrul Gunawan Apresiasi Vaksinasi Massal Penyandang Difabel

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat menghadiri vaksinasi massal komonitas difabel, di Bale Rame, Soreang. by Hms

SOREANG, -BaleBandung.com – Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan menyampaikan apresiasi atas gagasan penyelenggaraan vaksinasi massal tersebut.

Hal itu disampaikan Sahrul Gunawan, pada kegiatan vaksinasi massal komonitas difabel yang digelar Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) di Dome Bale Rame, Soreang, Sabtu (7/8/2021). Sebanyak 600 warga penyandang difabel asal Kabupaten Bandung, menjadi sasaran vaksinasi. Hadir pula dalam acara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Menurut Sahrul, hal itu merupakan wujud kepedulian komunitas akademisi terhadap kesehatan masyarakat, sekaligus bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam penanggulangan pandemi saat ini.

Vaksin, tutur wabup, bukanlah obat untuk menyembuhkan covid-19. Melainkan tindakan untuk mencegah agar tidak mengalami gejala covid berat, dan menurunkan angka kematian yang diakibatkannya.

“Yang lebih penting lagi, yaitu membentuk kekebalan kelompok atau ‘herd immunity’ serta meminimalisir dampak ekonomi dan sosial akibat penyebaran covid-19,” tutur wabup.

Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik terhadap covid-19, kata Sahrul Gunawan, maka aktivitas masyarakat bisa berjalan seperti sediakala.

Namun demikian, imbuh Sahrul, walaupun masyarakat telah mendapatkan vaksin, kedisiplinan dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) tetap harus dipertahankan.

“Sudah divaksin bukan berarti tidak mempan terhadap covid, melainkan mempercepat penyembuhan saat kita terpapar. Jadi tetaplah disiplin jalankan prokes,” ajak Sahrul Gunawan.

Ketercapaian 80% vaksinasi bagi warga Kabupaten Bandung, lanjutnya, bergantung pada tiga komponen, yaitu vaksinator atau tenaga kesehatan (nakes), sasaran vaksinasi dan ketersediaan vaksin itu sendiri.

Untuk penyediaan vaksinator, Pemkab Bandung telah membuka perekrutan Relawan Bedas (Bekerja Dengan Ikhlas). Masyarakat umum sebagai sasaran vaksinasi, juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mendapatkan vaksin.

“Sangat dimaklumi, karena seluruh masyarakat pastinya ingin situasi pandemi ini cepat berakhir. Untuk itu saya atas nama Pemkab Bandung memohon kepada pemerintah pusat agar vaksin secepatnya dapat didistribusikan ke daerah secara proporsional,” harap Sahrul.*** (DR),

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI