Bale JabarHankam

Seluruh Prajurit Kodam III/Siliwangi Bersihkan Sungai Citarum

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto saat konferensi pers di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw, Jumat (30/9). by iwa/bbcom
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto saat konferensi pers di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw, Jumat (30/9). by iwa/bbcom

BANDUNG – TNI akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-71 pada 5 Oktober 2016 bertema Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

Ada yang berbeda dengan HUT TNI kali ini di mana biasanya institusi TNI selain menggelar upacara di satuan masing-masing, juga menggelar upacara secara terpusat, sebagaimana tahun lalu dilaksanakan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon.

“Tetapi Panglima TNI telah mengeluarkan perintah untuk pelaksanaan HUT TNI kali ini dilaksanakan di satuan masing-masing secara sederhana, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan HUT TNI,” kata Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto saat konferensi pers di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw, Jumat (30/9/16).

Terlebih lagi, imbuh Kasdam, saat ini situasi Jabar sedang berduka dengan bencana alam banjir bandang di Kab Garut dan longsor di Sumedang.

Dengan berdasarkan kepada tema tersebut, kata Kasdam, Kodam III/Siliwangi sejak beberapa waktu yang lalu telah mulai mengadakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan tema tersebut, sekaligus untuk mengangkat budaya bangsa kita, termasuk budaya yang ada di Tatar Sunda.

“Bhakti Sosial seperti donor darah dan bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik veteran perang Kemerdekaan sebanyak 97 rutilahu di wialayah Jabar dan Banten, juga Karya Bakti Massal Pembersihan Sungai Citarum,” sebut Kasdam.

Karya Bakti Massal Pembersihan Sungai Citarum ini akan dilaksanakan Minggu, 2 Oktober 2016 dengan fokus kegiatan di Desa Citeureup, Kec Dayeuhkolot, Kab Bandung. Pada kegiatan yang akan dihadiri Pangdam III/Slw Mayjen TNI Hadi Prasodjo ini Kodam Siliwangi akan mengerahkan seluruh Prajurit 3 Jajarannya dan menggandeng instansi pemerintah lainnya, serta mengajak masyarakat untuk mau turun bekerja bersama-sama.

“Kalau masyarakat tidak mau ikut turun membersihkan, dengan adanya kerjabakti massal prajurit TNI ini minimalnya masyarakat terketuk hatinya untuk ikut peduli lingkungan dan untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai,” ujar Wuryanto.

Kendati begitu karena dalam suasana Jabar berhasil jadi Juara Umum PON XIX, maka kegiatan berunsur hiburan rakyat pun digelar dalam bentuk Parade Budaya dan Hiburan Rakyat. Pada tanggal 1 Oktober Malam Minggu, Kodam III/Siliwangi akan menggelar car free night dan panggung di Jalan Asia Afrika.

Pada kesempatan tersebut akan dilaksanakan parade budaya yang dilakukan oleh prajurit-prajurit Kodam Siliwangi dan beberapa komunitas meliputi; Drama Kolosal Bandung Lautan Api; Barongsay dari Prajurit Yonif 310; Pencak Silat dari Prajurit 301/PKS; Bebegig Sawah Kodim 0619/PWK; Parade komunitas sepeda ontel, moge jadul, jeep wilis, history dan Tank dari Bintaldam III/Siliwangi; Parade Rantis dan Bus Bandros yang bisa dinaiki oleh masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka HUT TNI, Kodam III/Siliwangi juga ingin mengucapkan selamat kepada Kontingen PON Jabar karena telah berhasil menjadi Juara Umum pada perhelatan PON Jabar XIX tahun 2016,” ucap Kasdam.

Pada acara puncak digelar Upacara Parade HUT TNI ke -71. Ada yang unik dalam pelaksanaan kegiatan Puncak HUT TNI Upacara Parade dan Defile di wilayah Kodam III/Siliwangi yaitu pelaksanaan upacara dilaksanakan di 2 tempat yakni Parade HUT TNI di Lapangan Makodam Siliwangi, dan Parade dan Defile di Lapangan Sahate Kabupaten Purwakarta dengan Irup Kasdam III/Siliwangi.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close