Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

Syaikhu Sambangi Petani Kopi Cimaung

Balon Wagub Jabar dari PKS Ahmad Syaikhu menyambangi para petani kopi di Gudang Kopiku Kampung Cibiana Kec Cimaung, Kab Bandung, Ahad (7/1/18). by ist
Balon Wagub Jabar dari PKS Ahmad Syaikhu menyambangi para petani kopi di Gudang Kopiku Kampung Cibiana Kec Cimaung, Kab Bandung, Ahad (7/1/18). by ist

CIMAUNG – Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat dari PKS Ahmad Syaikhu menyambangi petani kopi di Gudang Kopiku Kampung Cibiana Kecamatan Cimaung, Ahad (7/1/18).

Syaikhu bilang Kabupaten Bandung khususnya Kecamatan Cimaung ini salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia bernama Java Preanger. Namun sayangnya menurut dia julukan kopi terbaik di dunia itu belum sebanding dengan kesejahteraan para petaninya.

“Ke depan harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Misalnya dengan pemberian bibit kopi. Ini sudah dilakukan Pak Gubernur Aher, tapi masih belum menjangkau semuanya, baru dua juta kopi,” ungkap Syaikhu

Menurutnya, para petani kopi di Kecamatan Cimaung sudah menghasilkan produk kopi terbaik di dunia. Ia mengajak kepada warga Jabar untuk menikmatii kopi dan hasil pertanian khas Jawa Barat.

“Kita harus bangga dengan produk pertanian Jabar. Selama berabad-abad Belanda menjajah Indonesia karena hasil pertanian dan rempah- rempah. Yang bagus-bagusnya dibawa, sedangkan sisanya dikonsumsi oleh kita,” tutur Syaikhu.

Selain bantuan bibit kopi dan lainnya, penanganan pasca panen pun harus dibantu oleh pemerintah, agar berkesinambungan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para petaninya.

“Pemerintah daerah dan pusat harus memberikan perlindungan kepada semua petani. Kemudian dapat mengkoordinasikan hasil-hasil pertanian dari hulu ke hilir,” kata dia.

Syaikhu mengaku kunjungannya kepada para petani kopi di Kecamatan Cimaung, Pangalengan dan sekitarnya itu, selain bertujuan memperkenalkan diri, sekaligus untuk menyerap aspirasi para petani di Kabupaten Bandung.

“Hasil kunjungan dengan menyerap aspirasi apa yang diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Bandung. Sehingga ketika perumusan visi misi akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Dalam kunjungannya ke Cimaung ini, Syaikhu tak hanya disambut Wakil Bupati Gun Gun Gunawan, Ketua PKS Kab Bandung Jajang Rohana serta para kader PKS saja, melainkan juga disambut hangat oleh para petani kopi dan warga Cimaung. []

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close