Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBale KBBTerbakar Hebat, 97 Kios di Pasar Tagog Padalarang Luluh Lantak

Terbakar Hebat, 97 Kios di Pasar Tagog Padalarang Luluh Lantak

ilustrasi/net
ilustrasi/net

PADALARANG – Pasar Tagog Padalarang, di Jalan Raya Purwakarta, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terbakar sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (10/3/16) malam. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun sebanyak 97 kios milik pedagang berikut barang dagangannya luluh lantak dan habis terbakar dengan taksiran kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik dari salah satu kios yang berada di tengah-tengah pasar. Api kemudian merembet dengan cepat ke kios-kios lainnya karena hampir sebagian besar kios di pasar ini terbuat dari bahan kayu mudah terbakar. Khususnya kios dan jongko penjual sembako, sayuran, buah-buahan dan kelontongan.

“Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 11 malam dan saya baru dapat laporan jam 12 malam,” kata Camat Padalarang Slamet Nurgaha, Jumat (11/3/16).

Menurutnya petugas pemadam kebakaran datang sekitar setengah jam kemudian. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian dan dilanjutkan dengan proses pendinginan. Kerusakan akibat kebakaran ini mencapai sekitar 40% dari total luas pasar yang terdapat lebih dari 200 kios dan lapak ini.

“Dari laporan kerugian hanya materi saja. Sedangkan untuk korban jiwa tidak ada, walaupun kami beserta pihak terkait masih melakukan inventarisir,” sebut camat.

Salah seorang pedagang Asep (36) mengaku kaget saat mendapatkan kabar pasar tempatnya berjualan terbakar. Saat datang ke lokasi Asep melihat api sudah sangat besar sehingga ia pun hanya bisa pasrah kios dan barang dagangan miliknya habis terbakar dan tak mungkin diselamatkan. “Semua barang dagangan saya habis terbakar dan tidak ada yang bisa diselamatkan,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Guna memadamkan api, petugas Dinas Pemadam Kebakaran KBB menerjunkan lima armada damkar dengan dibantu dua unit Damkar Kota Cimahi, dua unit Damkar Kota Bandung, serta satu unit damkar Kabupaten Bandung. Saat ini lokasi pasar sudah dipasangi garis polisi untuk kepentingan penyelidikan aparat kepolisian. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI