Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale BandungWartawan itu Mitra Kerja, Berkontribusi Melalui Berita

Wartawan itu Mitra Kerja, Berkontribusi Melalui Berita

Camat Ciparay Kab. Bandung, Gugum Gumilar.

Kab. Bandung. Balebandung.com — Dalam upaya meningkatkan kemitraan antara wartawan dengan Pemerintahan Kabupaten Bandung, jelas membutuh suatu pembinaan komunikasi yang harmonis antara kedua belah pihak, dengan cara mengimplementasikan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi).

Harmonisasi tersebut, dikatakan Camat Ciparay Kabupaten Bandung, H. Gugum Gumilar, bisa divisualisasikan secara seignifikan dengan berkontribusi langsung melalui pemberitaan pada setiap penyelenggaraan kegiatan.

“Karena memang tugas wartawan menyampaikan berita untuk konsumsi publik dan bersifat faktual,” katanya diruangannya, Kamis (20/5/2021).

Dan dalam kondisi pandemi covid 19 ini, dia menambahkan, untuk wawancara atau konfirmasi bisa dilakukan secara virtual atau dengan pesan WA. Namun kenyataannya hal itu seolah dipelintir dan di dalam pemberitaan dia diindikasikan menghindar atau sengaja tidak berkenan untuk tatap muka.

Prilaku itu, menurutnya akan merugikan sepihak. Karena apa yang dilakukannya itu bukan untuk menghindari atau tak mau bertemu lamgsung. Tapi dia mencoba untuk selalu waspada terhadap ancaman pandemi dengan membatasi pertemuan tatap muka dan menghindari kerumunan. Namun ternyata diasumsikan lain oleh mitra kerja.

Keluhan itu ternyata tidak hanya terjadi di Kecamatan saja, malah Gugum mengakui, desa-desa pun mengalami hal serupa. Juga mengadukan permasalahan kepada kecamatan tentang bagaimana saat memghadapi masalah itu, dan meminta solusinya.

“Kami tidak tahu apakah mereka itu memang wartawan yang eksistensi dan kredibilitasnya jelas, atau sebaliknya. Karena mereka rata-rata mempunyai ID Card,” ujar dia.

Namun dari sekian banyak wartawan yang berkunjung, lanjut dia, hanya beberapa saja atau media pada setiap kegiatan ada bukti tayangnya. Sementara wartawan lainnya tidak ada sama sekali. (Fattah).

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI