Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale Kota BandungWaspada Flu Burung Makin Merebak di Jabar

Waspada Flu Burung Makin Merebak di Jabar

ayam-mokat-300x236BANDUNG – Temuan kasus flu burung yang terjadi di beberapa kabupaten/kota membuat Dinas Peternakan (Disnakan) Jawa Barat menetapkan siaga terhadap penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Beberapa daerah yang sudah ditemukan kejadian ini di antaranya di Kabupaten Subang, Indramayu, Bekasi, Malajengka, Purwakarta, Kuningan, Kota Tasikmalaya, dan Sukabumi.

“Kami sudah menyampaikan imbauan dan kewaspadaan kepada pejabat daerah di kabupaten/kota termasuk ke masyarakat langsung untuk mengantisipasi penyebaran Flu Burung ini,” terang Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat Doddy Firman Nugraha.

Doddy menyebutkan berdasarkan data di Disnak Jabar sejak awal Januari hingga 23 Maret 2016 terdapat sebanyak 15.472 unggas yang terdiri dari ayam kampung, ayam layer, ayam, itik, burung puyuh dan entog terjangkit virus flu burung atau avian influenza (H5N1).

Menurutnya serangan virus flu burung pada unggas di Jawa Barat mayoritas masih menyerang ternak ayam petelur (ayam layer) yakni 9.125 ekor, ayam burung puyuh 4.927 ekor, ayam 510 ekor, ayam kampung 390 ekor, itik 359 ekor dan entog 161 ekor.

“Penyebaran virus ini bisa karena faktor cuaca seperti di saat pancaroba seperti sekarang dari musim penghujan ke musim kemarau,” sambungnya.

Walaupun begitu hinga kini pihaknya tidak menerima laporan virus ini menyebar ke manusia. Pihaknya juga meminta agar dinas peternakan di kabupaten/kota di Jabar untuk melakukan bio security dengan cara penyemprotan disinfektan pada kandang untuk melakukan isolasi terhadap virus H5N1.

“Tidak hana itu kami juga menerjukan tim reaksi cepat di kabupaten/kota yang ada temuan virus flu burung dan juga melakukan vaksinasi di lokasi yang sudah terserang penyakit ini,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI