Senin, Januari 30, 2023
BerandaBale Kota Bandung4.000 Pendonor Darah Ikut Gerak Jalan Santai

4.000 Pendonor Darah Ikut Gerak Jalan Santai

Wakil Sekretaris PMI Kota Bandung Ace Kusnadi dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (18/8).
Wakil Sekretaris PMI Kota Bandung Ace Kusnadi dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (18/8).

BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung akan menyelenggarakan Gerak Jalan Sehat & Donor Darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka puncak perayaan Hari Donor Darah Sedunia dan dirangkaikan dengan HUT RI Ke-71 serta HUT Kota Bandung Ke-206.

Wakil Sekretaris PMI Kota Bandung Ace Kusnadi mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Agustus 2016. “Rencananya gerak jalan ini akan diikuti sekitar 4.000 peserta donor dan akan dilepas oleh Wali Kota Bandung,” kata Ace dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (18/8/16).

Garis start akan dimulai dari Kantor PMI Kota Bandung yang terletak di Jl. Aceh no. 79 dan peserta akan berjalan sejauh 8 km dengan garis finish di tempat yang sama. “Untuk peserta yang telah mendaftar, kami tunggu kehadirannya Jumat di Kantor PMI untuk mengambil kaos dan fasilitas lain yang diperlukan Sabtu nanti,” pesan Ace.

Dalam waktu dekat ini juga PMI akan mengadakan sosialisasi terkait perubahan kartu donor darah, “Sesuai himbauan World Health Organization (WHO), kita harus menggunakan kartu golongan darah yang sama dan diakui di seluruh dunia,” papar Ace.

Tercatat di Kota Bandung sendiri angka pendonor darah mencapai 98% dan PMI. Menurutnya stock darah yang ada hari ini saja mencapai 2.800 labu dan cukup untuk persediaan 3 hari ke depan. “Karena per hari kita membutuhkan kurang lebih 400-500 labu darah,” sebut Ace.

Angka pendonor aktif Kota Bandung setiap tahunnya mengalami peningkatan ±3000 pendonor per tahun. Dengan angka tersebut bisa dibilang jumlah stock darah Kota Bandung ideal dan terpenuhi. “Bahkan kami dapat memberi sumbangsih pada wilayah lain di luar Bandung serta sekitar Provinsi Jawa Barat,” ujar Ace.

Sejak bulan Juni hingga Agustus ini sendiri terus dilaksanakan Bulan Dana PMI. “Tahun 2015 dana yang terkumpul mencapai Rp1,3 miliar di mana angka tersebut alhamdulillah melebihi target,” jelas Ace. Ia menambahkan dana tersebut merupakan bentuk partisipasi warga terhadap kesehatan serta kesejahteraan warga yang membutuhkan donor.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI