Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale Cimahi40% Truk Sampah di Cimahi Sudah Ujur

40% Truk Sampah di Cimahi Sudah Ujur

truk sampahCIMAHI – Armada kendaraan truk pengangkut sampah yang dimiliki oleh Pemkot Cimahi saat ini hampir sebagian besar usianya rata-rata sudah tua. Alhasil proses pengangkutan dan pembuangan sampah dari Kota Cimahi ke TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang jaraknya cukup jauh menjadi tidak maksimal.

“Boleh dibilang armada yang kita miliki ini sudah ujur dan perlu peremajaan. Ya kalau dipresentasekan sekitar 40% kondisinya sudah tua,” terang Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Aris Permono.

Aris menyebutkan setiap harisnya ada sekitar 1.500 meter kubik yang harus dibuang. Saat ini karena kebutuhan di lapangan maka kendaraan yang sudah tua itu pun tetap dimaksimalkan untuk melakukan proses pengangkutan karena kalau tidak maka sampah di Kota Cimahi bisa menumpuk.

“Walaupun dengan kemampuan armada yang terbatas tapi kami tetap maksimalkan agar Kota Cimahi tetap bersih dan tidak ada sampah yang berserakan,” tuturnya.

Saat ini, kata Aris, jumlah armada truk yang digunakan untuk mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti ada sekitar 35 truk dan di antaranya ada juga kontainer. Namun memang dari 35 truk yang dimiliki itu sebagian merupakan truk peninggalan lama atau tahun 2002.

“Armada itu tetap masih berfungsi dan bisa dipakai tapi karena kondisinya sudah tua maka ketika ada kerusakan maka biaya operasional dan pemeliharaannya menjadi lebih besar karena banyaknya komponen kendaran yang juga sudah aus dan harus diganti,” imbuhnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI