Bale CimahiPamong

Pemkot Cimahi Siapkan Dua Posko Kesehatan

posko kesehatanCIMAHI – Pemkot Cimahi menyiapkan dua pos pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat pemudik lebaran yang mengalami masalah kesehatan selama di perjalanan. Kedua posko itu berada di kawasan Cibeureum dan Alun-Alun Cimahi.

Kadinkes Cimahi dr Pratiwi mengatakan pembukaan posko kesehatan itu hasil kerjasama dengan pihak PMI. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Cimahi agar membuka pelayanan selama 24 jam.

“Posko ini akan buka dan siap melayani para pemudik atau masyarakat yang mengalami kesehatan di perjalanan selama 24 jam,” ucapnya.

Pratiwi menyebutkan untuk jumlah personel dia menyebutkan telah menyiagakan sebanyak 46 tenaga medis dengan dibantu 55 petugas dari PMI Kota Cimahi. Mereka akan bertugas secara bergantian dari sejak H-7 sampai dengan H+7.

Selain membuka pos pelayanan, lanjut dia, puskesmas Poned di Cimahi akan buka meski pada saat libur bersama selama 24 jam. Petugas akan diatur dengan melakukan penjadwalan piket sehingga memang bagi mereka belum diperkenankan untuk libur di saat pelaksanaan arus mudik ini.

“Mekanismenya jika ada yang mengalmi luka atau sakit ringan dan bisa ditangani oleh petugas di posko kesehatan maka akan ditindaklanjuti. Tapi kalau mengalami luka parah maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sudah bekerjasama,” tuturnya. (fik)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close