Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale BandungAlifudin Sapa Warga Bandung di Sosialisasi Haji Sehat

Alifudin Sapa Warga Bandung di Sosialisasi Haji Sehat

BALEENDAH, Balebandung.com – Anggota DPR RI Komisi IX, H. Alifudin, SE., MM menyapa warga Kabupaten Bandung di acara Sosialisasi Haji Sehat dan Vaksinasi Covid-19.

Acara bersama Pusat Kesehatan Haji (Puskes Haji) Kementerian Kesehatan RI tersebut  berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (8-9/11) di Graha Berkah Sadaya , Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

Sosialisasi dihadiri oleh 200 peserta dari unsur jemaah haji dan Calon Tenaga Kerja Haji Indonesia (CTKHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) asal Kabupaten Bandung. Tampak hadir juga tokoh Kabupaten Bandung Dipl. Ing Diah Nurwitasari, M. I.Pol.

Alifudin dalam sambutannya menekankan tentang pentingnya vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi  bukan karena sekadar ada pandemik. Tapi jauh lebih mulia dan penting dalam rangka menjaga kesehatan agar beribadah lebih tenang dan dengan kondisi sehat, serta bisa lebih menyenangkan pasangan hidup.

“Kita mencintai orang yang kita cintai agar dicintai oleh Tuhan pemilik cinta,” ujar Alifudin.

Anggota legislatif dari Fraksi PKS ini sangat menyambut baik acara yang diselenggakan oleh Puskes Haji. Lembaga ini yang sangat aktif dalam menyadarkan masyarakat untuk hal kesehatan, terutama bagi jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Kita harus mendukungnya sebagai ikhtiar untuk menuju sehat dan suksesnya penyelengaraan ibadah haji,” tandas Alif.

Sementara itu Kapuskes Haji, dr. Budi Sylvana, MARS  menyampaikan, vaksinasi bukan hanya sekedar sebagai program nasional, tapi lebih antisipatif juga atas standar Arab Saudi yang sangat ketat dalam program vaksinasi.

Negara tujuan haji tersebut sudah sangat berpengalaman dalam penanganan wabah. Secara strategis menurutnya jamaah haji kita harus 100% divaksin agar diterima oleh Saudi.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung drg. Grace Mediana Purnami, M. Kes. Grace dalam sambutannya menekankan pentingnya program vaksinasi. 

Grace melaporkan Kabupaten Bandung yang masih sangat rendah tingkat vaksinasinya, yaitu sekitar 30%.

“Semua pihak diharapkan bekerja keras agar Kabupaten Bandung segera keluar dari zona kuning ke zona hijau termasuk dalam hal ini peran partai politik” ucap Grace.

Apalagi beberapa wilayah di Kabupaten Bandung masih terdapat masyarakat yang terpapar. Oleh karena itu Grace berharapan, selain untuk dirinya sendiri, peserta Sosialisasi Haji Sehat dapat menjadi kepanjangan tangan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya Vaksin Covid-19.

Puncak acara Sosialisasi ini berupa penyampaian materi manasik jemaah dan tip sehat kepada jemaah haji oleh dr. Abdul Hafiz Nugraha. 

Rangkaian acara ditutup dengan vaksinasi yang diselenggarakan pada hari kedua di SMA-IT Fithrah Insani Baleendah. Vaksiansi ini diberikan  kepada calon jemaah haji dan masyarakat umum sebanyak 1.000 dosis.

Antusias masyarakat terhadap vaksinasi di daerah ini cukup tinggi dengan kehadiran sebanyak  969 orang dan berhasil divaksin 932 orang. Namun tampak masyarakat tetap menjaga prokes selama penyelenggraannya. Alifudin mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. ***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI