Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale CimahiAtty Minta Warga Cimahi Taat Pajak

Atty Minta Warga Cimahi Taat Pajak

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Wali Kota Cimahi Atty Suharti meminta agar masyarakat taat membayar pajak. Sebab hasil dari pajak itu nantinya akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan.

Hal itu diungkapkan Atty dalam  kegiatan Pekan Panutan Pajak penyampaian SPT  tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi tahun pajak 2015 di Aula Gedung A Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Selasa (1/3/16).

“Pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Cimahi ini dananya bersumber dari pajak. Meskipun dalam realisasinya itu adalah bantuan provinsi ataupun pusat, tapi tetap sumbernya adalah dari pajak,” kata Atty.

Menurutnya pajak adalah sebagai  salah satu pilar dalam kehidupan bernegara termasuk pembangunan negara ini modal utamanya dari pajak. Peranan perpajakan  nasional terhadap APBN kurang lebih 80 %.

Atty menjelaskan, pendapatan asli daerah didominasi dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Itu berarti pajak yang dikelola oleh pemerintah lokal pun menjadi salah satu andalan untuk membangun kota.

Terkait dengan kepercayaan atas pengelolan pajak harus terus ditingkatkan, dengan cara  penggunaan teknologi sebagai kendali dan kesetaraan pelayanan, dan tata cara  perpajakan nasional,  pelayanan  yang  lebih terbuka  dan  administrasi  yang  lebih baik. Dirinya pun mengapresiasi, dalam penyampain SPT telah menggunakan sistem yang berbasis telematika,

“Dengan program e-Filing ini maka penyampaian SPT tahunan akan menjadi lebih mudah, cepat, aman dan dapat dipercaya,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI